72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Briefing Komandan Cimic Unit Dengan OGL

Rabu, 19 April 2017 12:21:28 - Oleh : admin - Dibaca : 28 kali

Briefing Komandan Cimic Unit Dengan OGL

Komandan FC CIMIC (Force Commander Civil Military Coordination) Unit Mayor Arh Choirul Huda memberikan briefing kepada kurang lebih 30 personel OGL (Observer Group Lebanon) di ruang briefing OGL Old Camp UNIFIL HQ Lebanon, sesuai permintaan dari beberapa perwakilan OGL untuk memberikan penjelasan mengenai tugas pokok CIMIC Unit dan prosedur yang harus dilaksanakan ketika menerima laporan, keluhan, dan permintaan proyek dari masyarakat yang mereka temui di lapangan, beberapa waktu lalu.

 

OGL meminta Komandan FC CIMIC Unit dikarenakan CIMIC (Civil Military Coordination) merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk mengkoordinasikan antara kepentingan militer dalam rangka mendukung misi yang dilaksanakan dengan pihak sipil baik itu instansi pemerintah, NGO atau LSM, IOs atau organisasi internasional dan aktor sipil yang lain. Aktivitas CIMIC dapat berupa kegiatan donasi (sarana dan prasarana) kepada masyarakat sipil, baik dengan alokasi dana tertentu maupun bentuk kegiatan sosial (dana minimal). Kegiatan CIMIC ini sangat membantu dan mendukung pencapain tugas pokok dari misi pasukan yang diemban, karena pada prinsipnya siapa yang memenangkan hati rakyat dialah yang akan memenangkan suatu pertempuran. Oleh sebab itu, tujuan utama dari kegiatan CUMC adalah memenangkan hati rakyat. Oleh karena itu UNIFIL sejak tahun 2006 sangat gencar untuk melaksanakan kegiatan CIMIC melalui satuan-satuan yang tergelar di wilayah operasi maupun di Markas Besar UNIFIL. Salah satunya adalah FC CIMIC Unit.

 

Di sisi lain OGL (Observer Group Lebanon) merupakan organisasi di luar UNIFIL, namun memiliki keterkaitan erat dengan pelaksanaan tugas UNIFIL sesuai Mandat Resolusi DK PBB 1701. OGL memiliki tugas pokok untuk melaksanakan observasi di wilayah Lebanon Selatan dalam rangka untuk mendapatkan informasi yang digunakan untuk memelihara perdamaian di wilayah ini. Personel OGL terdiri dari berbagai negara yang melaksanakan tugas sebagai observer , selama 6 bulan sampai dengan 1 tahun. 

 

Tugas pokok OGL dijabarkan dalam kegiatan patroli dan memonitor wilayah disekitar blue line dan hampir setiap hari mereka melaksanakan pertemuan dengan Kepala Desa (Mayor) atau Mukhtar di wilayah operasi atau yang dikenal dengan KLE (Key Leader Engagement). Sering dalam melaksanakan tugas khususnya kegiatan KLE ini, personel OGL menerima pertanyaan dan bahkan permintaan tentang proyek yang diberikan oleh UNIFIL. Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan aktivitas CIMIC yang bukan merupakan tanggung jawab mereka dan bukan kewenangan mereka untuk menjawabnya.

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu
Sabtu, 11 November 2017
Jenderal Gatot: Pahlawan Berjuang Tak Tanya Sukumu Apa