72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Waasops Kasal Buka Latihan Prose Pengambilan Keputusan Militer TA. 2017 Di Kodiklatal

Rabu, 19 April 2017 15:27:36 - Oleh : admin - Dibaca : 10 kali

Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waasops Kasal) Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si, secara resmi membuka Latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) Tahun 2017 yang dipusatkan di Ruang Auditorium Gedung Kalimantan Pusat Latihan Elektronika dan Sistem Kendali Senjata (Puslatlekdalsen) Kesatrian Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

 

Asops Kasal Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E dalam sambutan yang dibacakan Waasops Kasal Laksma TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si, menyampaikan Tugas Pokok TNI seperti yang diamanatkan oleh undang-undang bahwa TNI AL melaksanakan serangkaian kegiatan operasi berupa operasi Militer untukm perang maupun operasi militer selain perang. Operasi militer dilaksanakan untuk menanggulangi setiap ancaman nyata baik yang didasarkan pada rencana kontijensi yang dirumuskan melalui perencanaan strategis maupun untuk menghadapi ancaman yang bersifat mendadak dan tidak dipersiapkan sebelumnya.

 

Dalam rangka menghadapi ancaman khususnya ancaman agresi muliter Negara lain, TNI menggelar operasi militer perang dalam bentuk kampanye militer merupakan serangkaian  dari beberapa operasi gabungan yang dilaksanakan secara berurutan atau secara serentak, untuk mencapai sasaran strategis Panglima Komando Gabungan (Pangkogab), melalui  rencana kampanye militer, Pangkogab menuangkan visi dan misi strategisnya yang berupa susunan rencana operasi  Kogasgab-Kogasgab yang dibutuhkan  untuk mencapai sasaran strategis yang telah ditetapkan.

 

Dinamika proses pengambilan keputusan militer dalam suatu perencanaan militer sangatlah dinamis, hal ini disebabkan oleh sifat, ruang lingkup dan tempo operasi militer yang terus menerus berubah. Namun proses dasar pengambilan keputusan harus efektif dan tindak lanjutnya harus dipahami oleh semua Panglima atau Komandan dan perwira staf serta disesuaikan dengan situasi yang berlaku.

 

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas
Senin, 26 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI Soal Sanksi untuk Gatot yang Melobi Prabowo
Senin, 26 Maret 2018
Hadapi Pilkada dan Pemilu 2019, Panglima TNI Tegaskan Prajurit Harus Netral
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI Perintahkan AL Berantas Peredaran Narkoba di Perbatasan