Warga TMMD Tuban Terima Penyuluhan Pertanian
Jum`at, 21 April 2017 14:28:54 - Oleh : admin - Dibaca : 267
Home » Internal » Warga TMMD Tuban Terima Penyuluhan Pertanian
Warga TMMD Tuban Terima Penyuluhan Pertanian

Sekitar 65 petani warga Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban menerima penyuluhan pertanian dari Dinas Pertanian kabupaten setempat. Rabu (19/04) Penyuluhan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-98 2017.

Hadir sebagai pemateri, Kabid Pertanian, Dinas Pertanian Tuban, Soemarno. Di hadapan petani, ia memaparkan tentang bagaimana meningkatkan produktivitas tanaman jagung, padi dan kacang. Mulai cara pengolahanan tanah, proses pemilihan bibit yang benar, dan pemupukan yang tepat. "Karena petani di sini banyak yang menanam jagung, jadi ditekankan pada produktivitas tanaman jagung," ujarnya.

Soemarno mengungkapkan, berdasarkan data di lapangan, hasil produksi petani di Desa Sumurjalak masih rendah. Hal itu dipengaruhi adanya penggunaan pupuk belum tepat, baik pemberian pupuk organik maupun kimia. Menurutnya, penggunaan pupuk kimia yang tidak sesuai takaran tidak dianjurkan. Sebab hal itu membuat hasil panen tidak dapat maksimal.

"Sebenarnya ada cara jitu yang perlu dilakukan petani, diantaranya penanganan pengendalian hama penyakit tanaman dengan penggunaan pestisida yang tepat dan pastikan penyemprotan hama saat hama pada posisi lemah atau masih berbentuk ulat," bebernya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0811, Kapten Kav Suwito yang hadir saat itu mengungkapkan, penyuluhan dilakukan guna memberikan wawasan tambahan kepada petani. Pasca mengikuti penyuluhan, petani diharapkan perlu menerapkannya di sawah.

"Ya kami beraharap penyuluhan ini memberikan manfaat kepada petani, dan ke depan bisa meningkatkan produktivitas hasil jagungnya. Jika perlu tambahan pengawalan, maka TNI dan Dinas Pertanian siap mengawal," terangnya.

 

Baca "Internal" Lainnya

All Comments (0)

Sign In or Sign Up now to post a comment!

Tahun 2017 Adalah Bersih-Bersih Ditubuh TNI dari Masalah Korupsi, Karena Korupsi Dapat Menghambat Kemajuan dan Pembangunan TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Siaran Pers

Pengumuman

Kamis, 15 Juni 2017
Lomba Foto dan Karya Tulis
Jum`at, 2 Januari 2015
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
TV Streaming
patriot
patriot
pendidikan
Majalah TNI
download
download
download
LPSE
LAKIP

Video TNI