72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Cerita Di Balik Penghargaan Atas Penangkapan Pencuri Kabel Oleh Prajurit Indobatt-03

Senin, 11 September 2017 14:19:29 - Oleh : admin - Dibaca : 137 kali

Cerita Di Balik Penghargaan Atas Penangkapan Pencuri Kabel Oleh Prajurit Indobatt-03

Prajurit Kontingen Garuda Satgas Yonkomposit TNI Konga XXXV-C UNAMID  berhasil membekuk pelaku pencurian kabel listrik di dalam markas gedung UNAMID di Daerah Foro Baranga pada saat melaksanakan dinas jaga OP (Observation Post)  pada hari Rabu tanggal 16 Agustus 2017. Foro Baranga, Sudan, Afrika, Sabtu (09/09). 

Pelaku diketahui bernama Abdul Hafis Umar Isa, Umur 18 Tahun, yang merupakan penduduk lokal setempat sekitar daerah Foro Baranga kurang lebih 2 Km dari tempat OP (Observation Post) para pasukan Garuda Indobatt-03 ditempatkan dan ditugaskan. 

Perwira Staf Intelijen di Foro Baranga Lettu Mar Cilvo Dwi Setiawan mengatakan, penangkapan itu terjadi sekitar pukul 13.00 waktu Sudan, saat itu, anggotanya mendapat informasi bahwa terlihat seorang yang mencurigakan di dalam pagar sedang menarik kabel listrik yang terpendam ditanah, berusaha memotong dan membawa barang bawaan berupa kabel listrik. 

Menurut informasi yang diterima, tersangka tersebut pukul 06.30 waktu Sudan sudah berada dilokasi kejadian, namun masih belum melakukan aksinya mengambil kabel listrik, dan tersangka masih dalam proses menarik kabel yang berada di lokasi OP 3 dengan OP 4, dilihat oleh penjaga Kopda Hariyadi dan Praka Hamza Haz, kemudian tersangka pindah lokasi menuju ke OP 5 dengan OP 6 diikuti dari jauh oleh Praka Hamza Haz sambil memantau perkembangan selanjutnya. 

Sekitar pukul 10.00 waktu Sudan tersangka balik kembali untuk mengambil kabel tersebut, namun jaga OP 4 Kopda Hariyadi dan Praka Hamza Haz berusaha mengejar tersangka tetapi tersangka lolos karena tersangka melihat lebih dulu ada penjaga yang mendekat, namun kabel dan barang bukti tertinggal di lokasi seperti sandal, batu, dan gergaji besi untuk memotong kabel.  

Selang beberapa jam kemudian tersangka kembali mencoba mengambil kabel dan barangnya yang tertinggal, masuk area konsertina dan terpantau oleh Praka Ismail dengan Pratu Anta kemudian dikejar lagi dan lolos kembali dari kejaran Praka Ismail, tak lama kemudian tersangka datang lagi untuk mengambil hasil curiannya, kemudian para penjaga saling berkordinasi antara jaga OP 3, OP 4, OP 5 dan OP 6 antara lain Kopda Hariyadi, Praka Ismail, Praka Abdul Hasan, Praka Jafar dan Praka Hamza, Pratu Anta Pracaya, untuk menutup jalan keluar dan mengurung tersangka tersebut, akhirnya tertangkap. 

 

TNI Memiliki Tugas Pokok dan Berkomitmen Untuk Menyelamatkan Bangsa dan Negara Indonesia Serta Mendukung Kebijakan Pemerintah Dalam Pembangunan Nasional
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu
Sabtu, 11 November 2017
Jenderal Gatot: Pahlawan Berjuang Tak Tanya Sukumu Apa