72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

“PEMBANGUNAN KEMARITIMAN MENUJU INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA”

Selasa, 19 September 2017 13:52:41 - Oleh : admin - Dibaca : 116 kali

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia, dengan jumlah pulau sedikitnya 17.204 dan memiliki luas wilayah darat 5,8 juta km2. Wilayah laut Indonesia sangat luas, hampir 82% wilayahnya berupa laut dengan wilayah Zona Ekonomi Akslusif Indonesia (ZEEI) 2,7 juta km2. Indonesia telah diakui sebagai Negara maritim yang terbesar oleh kancah dunia internasional di UNCLOS pada tahun 1982 dan Deklarasi Juanda. Dalam Unclos 1982 disebutkan bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan nusantara yang saat ini secara geografis merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia.

            Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memang telah diakui sebagai Negara maritim bukan Negara kelautan. Kelautan didefinisikan segala sesuatu yang mempunyai kepentingan dengan laut sebagai hamparan air asin yang sangat luas yang menutupi permukaan bumi. Sedangkan maritim menurut Geoffrey Till dalam bukunya, Seapower, menyatakan bahwa maritim dimaksudkan berhubungan dengan angkatan laut, angkatan laut hubungannya dengan kekuatan darat dan udara, angkatan laut dalam konteks yang lebih luas yaitu kaitannya dengan semua kegiatan yang berhubungan dengan komersial dan penggunaan nonmiliter terhadap laut.        

 

NASKAH DAPAT DIDOWNLOAD :

 

“PEMBANGUNAN KEMARITIMAN MENUJU INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA”

 

"TNI dan Polri Tidak Boleh Ada Jarak, Karena Inti Kekuatan Bangsa Indonesia Adalah TNI dan Polri. Apabila Salah Satu Dilemahkan, Maka Indonesia Akan Terganggu Stabilitas Nasionalnya".
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Selasa, 17 Oktober 2017
Panglima TNI Bangga Putra Indonesia Juara Hafiz Quran di Arab Saudi
Jum`at, 6 Oktober 2017
Jenderal Gatot: Jangan Ragukan Kesetiaan TNI pada Presiden
Jum`at, 6 Oktober 2017
Gatot Tegaskan TNI Tunduk pada Presiden
Rabu, 4 Oktober 2017
Ini Makna Tema HUT Ke-72 TNI Bagi Jenderal Gatot Nurmantyo
Rabu, 4 Oktober 2017
Kapuspen: unjuk kekuatan HUT TNI bentuk pertanggungjawaban