72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Tim EFQR-X Berhasil Lumpuhkan Pembajak Kapal Sabuk Nusantara 44

Jum`at, 29 September 2017 11:03:40 - Oleh : admin - Dibaca : 79 kali

Tim EFQR-X Berhasil Lumpuhkan Pembajak Kapal Sabuk Nusantara 44

Tim Eastern Fleet Quick Response (EFQR) Lantamal X Jayapura berhasil melumpuhkan dan membebaskan sandera yang ditawan oleh pembajak diatas kapal perintis Sabuk Nusantara 44. Senin (25/9/2017)

 

Dalam pembebasan sandera tersebut satu perompak tertembak mati sementara dua pembajak lainnya bisa dilumpuhkan dengan tembakan tepat pada pangkal paha dan dua pembajak lainnya  berhasil dilumpuhkan dengan tangan kosong. 

 

Kegiatan ini merupakan simulasi yang dilakukan tim EFQR-X pada saat menggelar latihan  di APO Jayapura, dimana Tim EFQR-X berjumlah sepuluh orang mendekati kapal yang dibajak menggunakan Sea Rider, kemudian menyusup ke atas kapal, dengan senyap. Pembajak bersenjata AK-47, Pistol dan parang tidak menyadari kedatangan TIM EFQR-X dan berhasil diamankan, namun tiga orang pembajak lainnya tetap mengancam dan menyandera penumpang walaupun dua rekannya telah dilumpuhkan.

 

Diatas geladak KAL Piton, Komandan Lantamal X Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., mengatakan Tim EFQR-X merupakan tim khusus yang selalu siap bertindak dengan cepat  untuk mengatasi segala tindak kejahatan dan pelanggaran hukum dilaut  yuridiksi nasional demi menegakkan kedaulatan dan hukum dilaut. Untuk merespon dengan cepat informasi intelijen mengenai kejahatan dan pelanggaran dilaut yang dapat menggangu stabilitas keamanan laut.

"Jadi salah kalau orang mengatakan kalau TNI tidak tahu HAM"    
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 19 Oktober 2017
Kedubes AS Ungkap Peristiwa 1965, Panglima TNI: Itu Biasa Saja
Kamis, 19 Oktober 2017
Panglima TNI & Menhan Pelajari Dokumen Rahasia AS soal Tragedi 1965
Kamis, 19 Oktober 2017
Jalan Berdampingan, Panglima TNI dan Menhan Rapat di DPR
Selasa, 17 Oktober 2017
Panglima TNI Bangga Putra Indonesia Juara Hafiz Quran di Arab Saudi
Jum`at, 6 Oktober 2017
Jenderal Gatot: Jangan Ragukan Kesetiaan TNI pada Presiden