72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Wadan Lantamal V Hadiri Peringatan HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 di Lapangan Hitam Makodam V /Brawijaya

Kamis, 5 Oktober 2017 20:10:18 - Oleh : admin - Dibaca : 168 kali

Wadan Lantamal V Hadiri Peringatan HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 di Lapangan Hitam Makodam V /Brawijaya

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL  (Wadanlantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E., mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., menghadiri upacara peringatan HUT TNI ke-72 tahum 2017 di Lapangan hitam Makodam V / Brawijaya, Kamis (5/10).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kasdam V / Brawijaya Brigadir Jenderal TNI Widodo Iryansyah, memimpin upacara Hari Ulang Tahun TNI Ke-72 Tahun 2016 yang bertemakan, "Bersama Rakyat TNI Kuat".

 Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang dibacakan Irup menyatakan "sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah senantiasa kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat, kesehatan dan kekuatan, sehingga pada hari ini, kita dapat menyelenggarakan upacara memperingati Hari Jadi ke-72 Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan sehat walafiat".

Panglima TNI mengucapkan "Selamat Ulang Tahun" dan "Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia", yang kita cintai dan banggakan bersama, kepada seluruh Prajurit dan ASN dimanapun saat ini bertugas dan berada.

Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017.

Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 ini adalah "Bersama Rakyat TNI Kuat".

Makna yang terkandung di dalam  tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis.

Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut.

Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.

Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia, seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam banjir dan longsor, maupun keberhasilan TNI melaksanakan Operasi Tinombala dalam rangka menumpas aksi-aksi terorisme.

Dalam kaitan tersebut, TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa, dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional.

Selain upacara, dalam memperingati HUT TNI ke-72 tahun 2017 ini juga ditampilkan sosiodrama yang menceritakan terbunuhnya Jenderal Malabi, selain itu ada juga defile pasukan dan kendaraan tempur TNI serta syukuran.

Kendaraan tempur TNI yang di tampilkan dalam perayaan HUT TNI ke-72 tahun 2017 antara lain Panser Panhat TNI AD (2 Unit), Anoa TNI AD (4 Unit), Meriam 57 mm Arhanudse-8 (4 Unit), Tank BMP 3F Marinir (2 Unit), BTR 50 (2 Unit), Sea Reader Marinir (2 Unit), Mobil POMAD (2 Unit), Mobil POMAL (2 Unit), Mobil POMAU (2 Unit), Sepeda Motor POMAD (2 Unit), Sepeda Motor POMAL (2 Unit), Sepeda Motor POMAU (2 Unit), Ran PJD Yonif Raider 500/Sikatan (2 Unit).

Tampak hadir dalam acara tersebut yaitu DR. H. Soekarwo (Gubernur Jawa Timur), Irjen Pol Machfud Arifin (Kapolda Jawa Timur),  Brigjend TNI Mar Widodo Dwi Purnomo (Kasgartap III/SBY), Laksma TNI Robert W Tappangan, SH  (Kasarmatim), Dankodikopsla, Karumkital Dr. Ramelan, Wadan Pasmar -1, Danlanud Surabaya.

Tahun 2017 Adalah Bersih-Bersih Ditubuh TNI dari Masalah Korupsi, Karena Korupsi Dapat Menghambat Kemajuan dan Pembangunan TNI
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 27 November 2017
Susi hingga Panglima TNI Jadi Pejabat dengan Kinerja Terbaik
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu