72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Panglima TNI Hadiri Penyematan Nama Pesawat Nurtanio

Sabtu, 11 November 2017 07:57:44 - Oleh : admin - Dibaca : 309 kali

Panglima TNI Hadiri Penyematan Nama Pesawat Nurtanio

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama Kepala Staf Angkatan menghadiri acara penyematan nama Nurtanio untuk pesawat transport nasional N-219, karya anak bangsa oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (10/11/2017).

Nurtanio Pringgoadisuryo merupakan Laksamana Muda (Anumerta) yang gugur dalam misi uji coba penerbangan. Beliau adalah sosok pembuat pesawat pertama all metal dan fighter Indonesia bernama Sikumbang.  

Nurtanio adalah pahlawan bangsa yang tanpa pamrih dan seluruh hidupnya didarmabaktikan untuk kedirgantaraan Indonesia. Pesawat N-219 merupakan hasil karya putra-putri Indonesia yang diimpikan Nurtanio dan akan dilanjutkan ke generasi-generasi berikutnya.

Pembuatan pesawat ini kerja sama PT. Dirgantara Indonesia (DI) dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan). Pesawat ini melakukan uji terbang perdana beberapa waktu lalu di Landasan Pacu Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

N-219 ini mampu terbang dan mendarat di landasan pendek sehingga mudah beroperasi di daerah terpencil.  Dalam aplikasinya, pesawat ini diharapkan menjadi penyambung tol laut yang berorientasi pada pengangkutan logistik dan penumpang bagi daerah pedalaman, guna mengurangi biaya yang mengakibatkan harga komoditas yang tinggi di daerah pedalaman.

  "Menguatkan Kebhinnekaan Untuk Indonesia Yang Maju dan Berkeadaban"
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu
Sabtu, 11 November 2017
Jenderal Gatot: Pahlawan Berjuang Tak Tanya Sukumu Apa