72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Kiprah Babinsa dalam Memajukan dan Mensejahterakan Warga Binaannya

Senin, 13 November 2017 10:46:33 - Oleh : admin - Dibaca : 28 kali

Kiprah Babinsa dalam Memajukan dan Mensejahterakan Warga Binaannya

Menjadi Babinsa harus dekat dengan masyarakat, dan harus dapat menjadi penyemangat masyarakat di wilayah binaannya. Di wilayah Kecamatan Jatiyoso mayoritas penduduknya bertani dan berkebun, hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Jatiyoso Sertu Sri Sudiyanto anggota Koramil 15/Jatiyoso Kodim 0727/Karanganyar.

Seorang Babinsa memang harus selalu dekat dengan rakyat, karena Babinsa sebagai jembatan dan tempat keluh kesah warga binaannya untuk menyampaikan saran dan pendapatnya. Hal ini terbukti salah satu warga desa Jatiyoso menyampaikan keluh kesah dan bercerita masalah bendungan dan saluran irigasi yang rusak serta tidak dapat dimanfaatkan untuk mengaliri sawah petani, karena sungai dengan saluran irigasi ledih tinggi dengan saluran irigasi.

Karena petani kalau ingin mengaliri sawah harus membendung sungai dengan bambu dan terpal bekas, kalau banjir pasti bambu bambu tersebut terbawa arus air. Petani juga harus berebut air ubtuk mengaliri sawahnya, kadang antar petani juga harus berselisih dengan petani lainnya.

Dengan adanya laporan dari petani tersebut Sudiyanto selaku Babinsa bersama petani mengecek lokasi bendungan yang rusak untuk mengambil gambar, selanjutnya Babinsa melaporkan kepada Komandan Koramil untuk meminta petunjuk. Karena permasalahan sekecil apapun Babinsa dituntut untuk segera melaporkan, pada kesempatan pertama kepada Komandan Koramil.

Alkhamdulillah setelah Sertu Sudiyanto melaporkan ke Danramil dan diteruskan kepada Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Czi Santy Karsa Tarigan. Tidak berselang lama Dandim mengecek bendungan yang sudah rusak dan jebol itu, untuk segera diperbaiki. Untuk itu dengan cara memasang bronjong kawat yang diisi dengan batu. Dan tridak lama beronjong kawat dari Makorem 074/Warastratama sudah datang.

Kemudian Babinsa berkoordinasi dengan Danramil untuk mensosialisasikan,  pembuatan bendungan tersebut kepada Kepala Desa dan ketua Gapoktan, masyarakat sangat antusias sekali dan berharap segera membangun bendungan yang sudah rusak tersebut. Sebelum dibuat bendungan dari beronjong masyarakat bergotong royong mencari batu dan membelah batu di sekitaran sungai tersebut.

Selama menjabat jadi Babinsa Sertu Sudiyanto sudah membantu perbaikan bendungan yang rusak. Bendungan yang rusak dan diperbaiki secara swadaya masyarakat serta dibantu oleh TNI antara lain yaitu; Bendungan Plumpung, Bendungan Nglogung, Bendungan Ngroto, Bendungan Kedung Nanas, Bendungan Karangsari, Bendungan Giling, Bendungan Mloko/Plamar, Bendungan Manggal, Bendungan Klagen.

TNI Memiliki Tugas Pokok dan Berkomitmen Untuk Menyelamatkan Bangsa dan Negara Indonesia Serta Mendukung Kebijakan Pemerintah Dalam Pembangunan Nasional
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu
Sabtu, 11 November 2017
Jenderal Gatot: Pahlawan Berjuang Tak Tanya Sukumu Apa