72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Babinsa Desa Brujul Menyulap Buah Busuk Menjadi Pupuk Organik

Senin, 13 November 2017 12:24:10 - Oleh : admin - Dibaca : 37 kali

Babinsa Desa Brujul Menyulap Buah Busuk Menjadi Pupuk Organik

Anggota Koramil 04/Jaten Kodim 0727/Karanganyar mensosialisasikan pupuk organik dari buah - buahan busuk kepada kelompok tani Marsudi Tani Desa Brujul. Jumat (10/11/17)

Dalam pertemuan sosialisasi yang dihadiri Kades Brujul Hibnu Subandriyo, PPL Ramto, Babinsa Serka Ahmad ketua paguyuban kelompok tani Bapak Tomo dan para petani.

Buah - buahan busuk biasanya kita buang begitu saja, ternyata limbah buah busuk bisa diolah menjadi pupuk organik cair yang bermanfaat bagi tanaman. Pupuk organik dari limbah buah busuk ini aman dan tidak berbahaya terhadap tanaman dan ramah terhadap lingkungan, karena tidak mengandung bahan kimia.

Untuk membuat pupuk limbah buah ini di pandu olek PPL dan Babinsa dengan cara mempraktekan kepada para petani langsung, sehingga nantinya para petani bisa membuat sendiri di rumahnya masing - masing. Sangat mudah dan gampang membuatnya serta mencari buah - buahan busuk, Babinsa menerangkan pembuatan pupuk organik dari bahan sampai cara membuatnya. Bahan pembuatan pupuk yaitu buah busuk satu karung, gula pasir satu kg, dan air secukupnya.

Cara membuatnya, potong buah tersebut kecil, dimasukan kedalam ember dan di rendam dengan larutkan gula kedalam ember ditutup dan campur dengan air bekas cucian beras(leri). Diamkan kurang lebih 1-3 minggu, jika pupuk cair sudah matang biasanya muncul gelembung udara dan aromanya seperti tapai, hal tersebut menandakan mikroba telah hidup. Bila mau di pakai saring dulu dan simpan ditempat bersih, pupuk siap digunakan untuk memupuk tanaman,"tegas Serka Ahmad.

  "Menguatkan Kebhinnekaan Untuk Indonesia Yang Maju dan Berkeadaban"
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu
Sabtu, 11 November 2017
Jenderal Gatot: Pahlawan Berjuang Tak Tanya Sukumu Apa