72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Ceramah Umum Pangkohanudnas Di Universitas Siliwangi

Kamis, 16 November 2017 12:28:51 - Oleh : admin - Dibaca : 100 kali

Ceramah Umum Pangkohanudnas Di Universitas Siliwangi

Bertempat di Aula Rektorat Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Panglima Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., memberikan ceramah umum bagi mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Rabu (15/11).  Ceramah bertemakan "Penegakan Kedaulatan di Wilayah Udara Demi Terwujudnya Kedaulatan NKRI dan Pemanfaatan Geo Stationer Orbit (GSO)" tersebut dihadari Walikota Tasikmalaya Drs Budi Budiman, Rektor Unsil Prof. Dr. Rudi Priyadi, Ir.,M.S., Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Safeano Cahyo Wibowo, S.T., Exc Dipl SS., Kapolres Tasikmalaya dan pejabat lainnya.                      

           Dalam ceramahnya Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M.,  menyatakan  sebagai negara yang berdaulat, Indonesia juga mempunyai kedaulatan atas wilayah udara, bagian dari wilayah nasional yang harus dipertahankan keutuhannya.  Kedaulatan wilayah udara yang utuh dan penuh antara lain ditandai  adanya wewenang negara untuk mengizinkan/menolak memberi izin terhadap penerbangan internasional yang memasuki wilayah teritorialnya, menentukan peraturan, keadaan dan pembatasan dalam pelaksanaan penerbangan di wilayahnya dan diterapkannya hukum di wilayahnya baik terhadap pesawat nasional maupun pesawat udara asing.

                       Dalam paparannya Marsda TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., yang kini juga menjabat Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) tersebut menyinggung mengenai peran TNI AU sebagai penjaga kedaulatan wilayah udara yuridiksi nasional dan Kohanudnas sebagai pelaksana tugas TNI AU dalam hal tugas pertahanan udara (hanud) tersebut.  Tugas Hanud yang dilaksanakan Kohanudnas antara lain melalui operasi pertahanan udara dengan tahapan kegiatan deteksi, identifikasi dan penindakan terhadap pesawat yang melintas tanpa izin.  Disinggung pula tentang Flight Information Region (FIR), Air Defence Identification Zone (ADIZ), regulasi tentang wilayah pertahanan udara dan lainnya.

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 27 November 2017
Susi hingga Panglima TNI Jadi Pejabat dengan Kinerja Terbaik
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu