72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Tim Evakuasi Medis Laut Rumkital dr. F.X Suhardjo Latih 121 Mahasiswa Tingkat III Program Studi Keperawatan Masohi

Kamis, 16 November 2017 12:33:59 - Oleh : admin - Dibaca : 116 kali

Tim Evakuasi Medis Laut Rumkital dr. F.X Suhardjo Latih 121 Mahasiswa Tingkat III Program Studi Keperawatan Masohi

Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon melatih sebanyak 121 orang Mahasiswa Tingkat III Program Studi Keperawatan Masohi. Adapun latihan yang dilaksanakan yakni evakuasi medis secara perorangan dan secara kelompok dengan menggunakan tandu air. Kegiatan dilaksanakan di laut belakang Gedung Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Lantamal IX Ambon. Rabu, (15/11/2017).

Dalam sambutan Kepala Rumah Sakit TNI AL (Karumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon Letkol Laut (K) dr. Ali Setiawan, Sp.B., menyampaikan kepada mahasiswa untuk mlaksanakan kegiatan Latihan Evakuasi Medis Laut dengan sebaik - baiknya, dengarkan apa saja yang diarahakan oleh pelatih karena pelaksanaan tidak di kolam renang melainkan ditempat yang sesungguhnya yaitu di laut. Apabila ada mahasiswa yang tidak bisa berenang jangan memaksakan diri untuk mengikuti kegiatan, cukup melihat dan memperhatikan pelaksanaan latihan, utamakan keselamatan dan keamanan masing - masing.

Latihan evakuasi medis dibagi menjadi 5 tim, dimana 1 tim terdiri dari 4 orang penolong dan 5 orang pembantu. Setelah korban berada ditempat aman masing - masing Tim diberikan pelajaran apabila korban tidak tersadarkan, yakni jika korban tidak bernafas, lakukan pertolongan Resutasi Jantung Paru (RJP) untuk Tekanan 30 tekanan banding 2 tiupan selama 5 siklus dan seterusnya sampai korban sadar. Apabila korban belum bernafas yakni dengan membuka jalan bernafas dengan menengadahkan kepala korban ataupun memiringkan badan korban kemudian ditepuk di bagian punggung untuk mengeluarkan air yang masuk, tetap tenang serta hindari tindakan yang tergesa - gesa.

Keberhasilan Tugas adalah Milik Anggota, Kegagalan Tugas adalah Tanggung Jawab Perwira
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 27 November 2017
Susi hingga Panglima TNI Jadi Pejabat dengan Kinerja Terbaik
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu