72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Kadiskual Buka Rekonsisiliasi Internal Dipa TNI AL Semester II TA 2017 Di Kodiklatal

Jum`at, 12 Januari 2018 11:34:58 - Oleh : admin - Dibaca : 39 kali

Kadiskual Buka Rekonsisiliasi Internal Dipa TNI AL  Semester II TA 2017 Di Kodiklatal

Kepala Dinas Keuangan TNI Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI DJoko Erwan P, M.Tr. (Han) secara resmi membuka pelaksanaan Rekonsiliasi Internal Dipa TNI AL Semester II TA 2017 di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Kamis (11/1).

Pembukaan Rekonsiliasi Internal Dipa TNI AL semester II tahun 2017 tersebut diikuti peserta yang berasal dari Badan Keuangan, Pengawak Saiba dan pengawak Simak BMN beberapa Kotama TNI AL diantaranya Mako Kodiklatal, Mako Koarmatim, Lantamal V, Lantamal VII, Satlinlamil Surabaya, Pasmar 1, Kolatmar dan Lanmar Surabaya.

Kadiskual Laksma TNI  DJoko Erwan P, M.Tr. (Han) dalam sambutanya menyampaikan bahwa rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama. Berdasarkan peraturan menteri pertahanan Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2015 dimana pelaksanaan rekonsiliasi terdiri dari rekonsiliasi internal dan eksternal.

Adapun rekonsiliasi internal adalah rekonsiliasi yang dilakukan secara berjenjang pada setiap tingkat unit akuntansi yang dilaksanakan di lingkungan Kemhan dan TNI, sedangkan rekonsiliasi eksternal adalah rekonsiliasi berjenjang pada setiap tingkat unit akuntansi yang dilaksanakan oleh Kemhan dan TNI dengan KPPN/DJPB/DJKN  dan DJPU kementerian keuangan. Untuk penyelenggaraan rekonsiliasi yang dilaksanakan saat ini adalah rekonsiliasi internal Dipa berkaitan dengan realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara yang bersumber dari Dipa pusat maupun Dipa daerah .

Hal ini dimaksudkan antara lain sebagai upaya mensinkronisasikan data keuangan antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik terkait dengan realisasi Pendapatan dan Belanja Negara serta pelaksanaan pencatatan transaksi persediaan dan barang milik negara.

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 8 Januari 2018
Berangkat Takziah, 8 Marinir Justru Bantu Tangkap Bandar Narkoba
Senin, 8 Januari 2018
Buah Manis Perjuangan Serka Dawis Jadi Nama Jembatan Gantung
Senin, 27 November 2017
Susi hingga Panglima TNI Jadi Pejabat dengan Kinerja Terbaik
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah