72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Seminar Indonesia-Australia Special Operation Force di Sydney

Kamis, 8 Maret 2018 14:39:05 - Oleh : admin - Dibaca : 313 kali

Seminar Indonesia-Australia Special Operation Force di Sydney

(Puspen TNI, Kamis 8/3/2018).           Seminar Indonesia-Australia Special Operation Force (SOF) ke - 25 dalam rangka 25 tahun kerjasama antara pasukan khusus Indonesia dan pasukan khusus Australia yang diinisiasi oleh Special Operation Force Command (SOCOMD) dan didukung oleh Australian Defence Force  (ADF) diselenggarakan di Holsworthy, Sydney, Australia, baru-baru ini.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh Perwira dari Special Operation Head Quarter (SOHQ) dipimpin oleh Brigadier General John Gould yang terdiri dari Perwira Special Air Service Regiment (SASR), Special Operation Engineering Regiment (SOER) dan 2nd Comand Regiment (2ndCO) serta dengan menghadirkan pembicara akademis Dr. Garth Pattern seorang ahli sejarah kerjasama militer dari Australia National Universitysebagai narasumber. Delegasi Indonesia melibatkan 8 Perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, Detasemen Jalamangkara (Denjaka) TNI AL dan Satuan (Sat) Bravo 90 Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dipimpin oleh Pabandya-2/Orgops Paban II/Orstra Sops TNI Letkol Inf Musthofa.

Hasil yang dicapai pada kegiatan seminar ini adalah terlaksananya sinkronisasi dan autentikasi data serta fakta pelaksanaan kerja sama latihan selama 25 tahun. Data tersebut akan dijadikan sebuah buku peringatan(comemorate books) yang akan dicetak sebanyak 500 eksemplar dalam 2 versi bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Selanjutnya buku tersebut akan dibagi pada saat latihan bersama Darwin Komodo antara pasukan khusus Indonesia dengan pasukan khusus Australia pada bulan Juli di Indonesia dan seluruh prajurit yang pernah melaksanakan latihan bersama.

Kegiatan seminar ini dilaksanakan untuk meningkatkan kerja sama militer antara pasukan khusus kedua negara, selain itu dalam rangka meningkatkan kesiapan pertahanan regional dalam menghadapi dinamika ancaman yang semakin berkembang terutama dalam hal anti terorisme.

 

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas
Senin, 26 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI Soal Sanksi untuk Gatot yang Melobi Prabowo
Senin, 26 Maret 2018
Hadapi Pilkada dan Pemilu 2019, Panglima TNI Tegaskan Prajurit Harus Netral
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI Perintahkan AL Berantas Peredaran Narkoba di Perbatasan