72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

TNI AU & USAF Latihan Bersama Di Manado

Selasa, 13 Maret 2018 09:43:15 - Oleh : admin - Dibaca : 798 kali

TNI AU & USAF Latihan Bersama Di Manado

 

TNI AU dan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) menggelar latihan bersama (Latma) di Lanud Samratulangi Manado. Latihan yang kemas dengan sandi "Cope West & Spear Iron 2018" ini, dibuka oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasau Marsekal Pertama (Marsma) TNI Anang Nurhadi, S.E. dalam sebuah upacara militer di apron Lanud Samratulangi Manado, Senin (12/3).

Latihan pertempuran udara yang akan berlangsung selama dua pekan kedepan  dan didukung 300 personel ini melibatkan 12 pesawat tempur F-16 kedua negara. TNI AU mengerahkan 6 pesawat dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekan Baru sementara USAF juga mengerahkan 6 pesawat dari 13th Fighter Squadron USAF yang ber-home base di Misawa Jepang.

Pada Latma ini, kedua Angkatan Udara  juga melaksanakan latihan penerjunan, infiltrasi,  SAR Tempur dan evakuasi.   Latihan dengan sandi Spear Iron (Tombak Besi) ini melibatkan unsur Paskhas TNI AU dan Combat Control Team (CCT) Special Force USAF.

Saat membuka latihan, Waasops Kasau Marsma TNI Anang Nurhadi Susilo, S.E mengatakan, latihan bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan para prajurit TNI AU dan USAF.

Marsma TNI Anang Nurhadi Susilo, S.E., yang juga bertindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) menambahkan, latihan sekaligus untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama kedua Angkatan Udara khususnya dan kedua negara  pada umumnya, yang sudah terjalin dengan baik selama ini.

"Laksanakan latihan dengan baik sesuai perencanaan, ikuti semua aturan dan prosedur yang berlaku, utamakan keselamatan terbang dan kerja" pinta Marsma TNI Anang Nurhadi Susilo, S.E.

 

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas
Senin, 26 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI Soal Sanksi untuk Gatot yang Melobi Prabowo
Senin, 26 Maret 2018
Hadapi Pilkada dan Pemilu 2019, Panglima TNI Tegaskan Prajurit Harus Netral
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI Perintahkan AL Berantas Peredaran Narkoba di Perbatasan