72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Latihan Bersama Cope West dan Spear Iron 2018

Jum`at, 23 Maret 2018 14:41:39 - Oleh : admin - Dibaca : 629 kali

Latihan Bersama Cope West dan Spear Iron 2018

 

Latihan Bersama Cope West dan Spear Iron 2018 secara resmi ditutup oleh Asops Kasau Marsda TNI Barhim pada Upacara Penutupan Latihan  Bersama di Apron Bandara Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Jumat (23/3).

Latihan bersama dengan call sign "Cope West 2018" dan "Spear Iron" antara TNI AU dengan USAF ini  dimulai sejak tanggal 12 sampai  23 Maret 2018  melibatkan unsur pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekan Baru dan 13th Fighter Squadron USAF yang bermarkas di Misawa Jepang serta personel prajurit Wing 2 Paskhas dengan total jumlah pelibatan 300 personil  dari Angkatan Udara kedua negara.

Menjelang pelaksanaan Upacara, Asops Kasau Marsda TNI Barhim mengadakan Courtessy Call (CC) dengan Major General Walter J. Sams, Mobilization Assistance to Commander US PACAF. Dalam acara Commander Calls tersebut Major General Walter J Sams memberikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama yang terjalin baik saat berjalannya latihan dan berharap interaksi antar kedua belah pihak dapat terus berlanjut dan meningkatkan rasa persahabatan yang kuat, saling percaya dan memahami antara kedua Angkatan Udara.

Pada kesempatan tersebut, Asops Kasau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada US PACAF yang telah berbagi pengalaman, pengetahuan dan ide-ide yang baik sebagai bahan referensi bagi kemajuan TNI Angkatan Udara khususnya bagi para penerbang tempur karena dapat saling bertukar ilmu dan kemampuan taktik pertempuran di udara terkini, mulai dari penggunaan smart weaponberkemampuan Beyond Visual Range (BVR) hingga Close Combat (pertempuran jarak dekat) dengan tingkat eskalasi dan kompleksitas yang semakin meningkat setiap harinya.

Saat pembacaan amanat, Inspektur Upacara Penutupan Latihan Bersama Cope West dan Spear Iron 2018, Asops Kasau menyatakan bahwa sasaran latihan bersama ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para penerbang, crew pendukung dan personel Pasukan Khas dalam mengembangkan taktik dan teknik dalam operasi udara. Hal terpenting lainnya adalah latihan ini merupakan ajang yang baik guna mempererat persahabatan dan memperkuat hubungan kedua angkatan bersenjata.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta latihan atas kerja kerasnya dalam melaksanakan latihan bersama ini dengan baik dan saya berharap seluruh keterlibatan dan interaksi dalam latihan dapat terus berlanjut dan membawa dampak positif bagi kedua belah pihak." ucap Asops Kasau mengakhiri amanatnya.

Turut hadir dalam Upacara Penutupan Latihan tersebut para pejabat dari TNI AU, Dankorpaskhas Marsda TNI T Seto Purnomo, para pejabat FKPD Provinsi Sulawesi Utara dan pejabat Delegasi Militer Amerika serta Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya.

 

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas
Senin, 26 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI Soal Sanksi untuk Gatot yang Melobi Prabowo
Senin, 26 Maret 2018
Hadapi Pilkada dan Pemilu 2019, Panglima TNI Tegaskan Prajurit Harus Netral
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI Perintahkan AL Berantas Peredaran Narkoba di Perbatasan