72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Sosialisasi Program dan Pelatihan Amil Zakat UO Mabes TNI

Kamis, 12 April 2018 12:49:50 - Oleh : admin - Dibaca : 292 kali

Sosialisasi Program dan Pelatihan Amil Zakat UO Mabes TNI

Pusbintal TNI melaksanakan kegiatan sosialisai program dan pelatihan amil UPZ (Unit Pengumpul Zakat) UO Mabes TNI Rabu (11/4) di Aula Satyanma Denma Mabes TNI. Acara yang dibuka oleh Kapusbintal TNI Laksamana Pertama TNI Budi Siswanto, S.T. ,M.A.P.  tersebut diikuti 80 peserta dari Staf Badan Pelaksana Pusat di lingkungan UO Mabes TNI dan dihadiri pejabat Bintal Angkatan serta Pejabat Baznas.

Dalam sambutannya Kapusbintal TNI menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk membekali para prajurit TNI agar mampu menjadi petugas zakat/amil yang amanah sesuai tuntunan ajaran agama, sehingga pelaksanaan Zakat profesi di lingkungan Mabes TNI ke depan semakin baik dan pencapaiannya semakin optimal.

Lebih lanjut Kapusbintal menjelaskan bahwa UPZ UO Mabes TNI sejak tahun 2014  sudah melaksanakan pengumpulan zakat, kegiatan ini berdasarkan Surat Edaran maupun Surat Telegram Panglima TNI sebagai realisasi dari Inpres Nomor 3 tahun 2014 tanggal 23 April 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian/Lembaga Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Melalui Badan Amil Zakat Nasional. Dan hasil pengumpulan zakat yang dilakukan UPZ UO Mabes TNI sesuai mekanisme selanjutnya diserahkan kepada Baznas Pusat, sedangkan penyalurannya sudah dilakukan ke berbagai satuan TNI di wilayah Indonesia dengan sasaran utama para fakir miskin dikalangan keluarga besar TNI seperti pejuang veteran, warakawuri, anak yatim prajurit TNI dan masyarakat di lingkungan Satuan TNI.

Acara tersebut juga dihadiri anggota Komisioner Baznas Drs. H. Irsyadul Halim yang memberikan pengarahan tentang keutamaan menjadi petugas amil dan azas-azas dalam pelaksanaan zakat yang harus dipedomani agar petugas zakat/amil bisa melaksanakan tugas dengan baik dan akuntabel, karena dua hal tersebut yang dapat menimbulkan kepercayaan   para   muzakki  (orang  yang  membayar  zakat). Pelatihan yang berlangsungsehari tersebut juga diisi dengan materi Fikih Zakat serta diskusi sekitar pelaksanaan zakat dan dinamikannya yang dipandu oleh Staf Baznas Budi Setiawan dengan nara sumber Ustadz M. abdul Kahfi dari Baznas dan Kabagbintalroh Pusbintal TNI Kolonel Caj Drs. H. Nur Hamdani selaku Ketua UPZ UO Mabes TNI.

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas
Senin, 26 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI Soal Sanksi untuk Gatot yang Melobi Prabowo
Senin, 26 Maret 2018
Hadapi Pilkada dan Pemilu 2019, Panglima TNI Tegaskan Prajurit Harus Netral
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI Perintahkan AL Berantas Peredaran Narkoba di Perbatasan