72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Kepala Bakamla RI Berikan Kuliah Umum di FH UI

Jum`at, 13 April 2018 11:26:29 - Oleh : admin - Dibaca : 135 kali

Kepala Bakamla RI Berikan Kuliah Umum di FH UI

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. memberi kuliah umum kepada seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) di ruang Audiotorium Fakultas Hukum UI, Depok, Kamis (12/4/2018).

Kedatangan Kepala Bakamla RI diterima langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Prof. Melda Kamil Ariadno, S.H., LL.M., Ph.D. didampingi Ketua Indonesia Maritime Center Dr. Sunaryo dan disaksikan oleh 300 mahasiswa Fakultas Hukum UI.

Pada kesempatan ini, Prof. Melda memberikan sambutan sebagai pengantar berlangsungnya kuliah umum yang akan disampaikan Kepala Bakamla RI. Prof. Melda mengatakan bahwa Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kesiapan dalam dunia maritim. Kesiapan itu meliputi keahlian di bidang kelautan mulai dari yang bersifat teknis, teknologi, sampai ahli strategi dan juga hukum laut internasional. Pemahaman mengenai hukum laut wajib hukumnya, setidaknya pada level universitas dan pejabat pemerintahan. Di masa mendatang, tantangan dalam membangun kekuatan pertahanan maritim di Indonesia semakin kompleks. Salah satu strategi yang harus dilakukan adalah menjaga setiap jengkal wilayah kedaulatan Indonesia (perairan kedalaman, perairan kepulauan, dan laut teritorial) dan wilayah yurisdiksi Indonesia (zona tambahan, ZEE, dan landas kontinen).

Prof. Melda melanjutkan, berdasarkan UU Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, laut harus diawasi secara nyata oleh pemerintah baik TNI Angkatan Laut dan intansi terkait lainnya, seperti Badan Keamanan Laut (BAKAMLA).

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas
Senin, 26 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI Soal Sanksi untuk Gatot yang Melobi Prabowo
Senin, 26 Maret 2018
Hadapi Pilkada dan Pemilu 2019, Panglima TNI Tegaskan Prajurit Harus Netral
Senin, 12 Februari 2018
Panglima TNI Perintahkan AL Berantas Peredaran Narkoba di Perbatasan