72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Bakamla RI dan Hellenic Coast Guard Bahas LOI Bilateral Capacity Building

Kamis, 19 April 2018 12:17:17 - Oleh : admin - Dibaca : 257 kali

Bakamla RI dan Hellenic Coast Guard Bahas LOI Bilateral Capacity Building

Indonesia dan Yunani melalui Bakamla RI dan Hellenic Coast Guard (HCG) membahas rencana kesepahaman kerja sama bilateral dibidang pengembangan Capacity Building, dalam pertemuan yang berlangsung hari ini di kantor HCG, Maritime Affairs and Insular Policy, Yunani, Rabu (18/4/2018).

Beberapa agenda kegiatan dilakukan oleh Delegasi Indonesia yang dipimpin Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. pada hari ini, antara lain Courtesy Call kepada Komandan HCG Vice Admiral Stamatios Raptis, dilanjutkan dengan pembahasan lingkup kerja sama antara kedua belah pihak yang rencananya akan ditandatangani Jumat mendatang (20/4). Usai pertemuan, rencananya Delegasi Indonesia juga akan diajak berkunjung ke Joint Rescue Coordination Centre.

Hingga berita ini diturunkan, pertemuan para pejabat keamanan laut ini masih berlangsung.

Delegasi Indonesia menyatakan adanya keinginan untuk bekerjasama dengan HCG dilandasi oleh kesamaan kedua negara sebagai negara maritim yang sangat bergantung terhadap perekonomian di sektor kemaritiman. Disampaikan pula bahwa Kedua negara merupakan Anggota Dewan IMO, dimana Yunani berada pada Kategori A sedangkan Indonesia berada di Kategori C,  sehingga kedua negara memiliki tanggung jawab dan peran yang besar terhadap ketertiban pelayaran di dunia.

Dengan banyaknya tantangan yang dihadapi HCG, khususnya terkait Illegal Maritime Arrivals dari Timur Tengah (refugee dari Syria), maka melalui kerja sama itu nantinya Bakamla RI dapat belajar dari HCG terkait pencegahan Illegal Maritime Arrivals, tantangan yang sama yang dihadapi Indonesia terkait isu Rohingya.

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 23 April 2018
Kompak Pakai Kaus Setrip, Panglima TNI dan Kapolri Ramaikan Perlombaan Kartini Run
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas
Senin, 26 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI Soal Sanksi untuk Gatot yang Melobi Prabowo
Senin, 26 Maret 2018
Hadapi Pilkada dan Pemilu 2019, Panglima TNI Tegaskan Prajurit Harus Netral