72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Kapusbintal TNI Memberikan Pembekalan Kepada Kopral Taruna Akademi TNI

Selasa, 8 Mei 2018 14:36:58 - Oleh : admin - Dibaca : 365 kali

Kapusbintal TNI Memberikan Pembekalan  Kepada Kopral Taruna Akademi TNI

Kapusbintal TNI Laksamana Pertama TNI Budi Siswanto,S.T.,M.A.P, Selasa (8/5) memberikan ceramah pembakalan kepada 435 Kopral Taruna Taruni Akademi TNI bertempat di Gedung Lily Rochli Akmil Magelang. Ceramah yang dihadiri Komandan Resimen Chandra Kolonel Inf Rusmili, S.I.P., M.Si, beserta Staf dan Kabintal Akmil tersebut mengangkat tema "Mental Yang Tangguh Kunci Meraih Sukses".

Dalam ceramahnya Kapusbintal TNI menyampaikan bahwa pembinaan mental adalah hak prajurit dan prajurit siswa diantaranya Kopral Taruna Taruni Akademi TNI, hal ini sesuai  dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, pasal 50 ayat 2.E.  disebutkan bahwa "prajurit dan prajurit siswa berhak memperoleh rawatan dan layanan pembinaan mental dan layanan keagamaan". Demikian pentingnya pembinaan mental bagi prajurit sehingga di tuangkan dalam Undang-Undang, karena memang untuk menjadikan prajurit tangguh tidak cukup hanya fisik/jasmani dan intelektualnya saja yang dibina atau yang unggul, akan tetapi mentalnya  juga harus ditempa dengan baik.

Lebih konkrit lagi dicontohkan; seorang prajurit atau prajurit siswa yang memiliki fisik/jasmani yang samapta dan intelektualnya bagus, akan tetapi bila mentalnya lemah atau rusak maka sangat mungkin terjadi penyimpangan, pelanggaran atau tidak optimal dalam melaksanakan tugasnya bahkan tugas belajar sekalipun, dengan demikian untuk menjadi prajurit berkualitas maka ketiga unsur tersebut harus dibina secara serasi, selaras dan seimbang dengan tidak mengabaikan salah satunya, terlebih lagi aspek mental yang merupakan motor penggerak, pendorong dan pengendali perilaku manusia atau prajurit.

Menjawab pertanyaan dan antusiasme Taruna Taruni, Kapusbintal TNI mengingatkan bahwa tugas belajar dan berlatih adalah yang utama, olehkarenanya dalam menyikapi dinamika pendidikan dan pelatihan maka Taruna Taruni harus pandai mengelola waktu, mengelola keuangan bahkan mengelola stres seperti rasa bosan dan lainnya dengan melakukan kegiatan yang positif. Kapusbintal juga mengingatkan Taruna Taruni Akademi TNI agar berhati-hati dalam menyikapi perkembangan gelobal yang demikian pesat, disatu sisi memang banyak nilai positifnya namun disisi yang lain berdampak negatif. Oleh karenanya empat komponen Pembinaan Mental TNI yang berisi nilai-nilai Rohani, Ideologi, Tradisi Kejuangan dan Psikologi hendaknya menjadi benteng kuat yang memagari prajurit khususnya prajurit siswa Kopral Taruna Taruni Akademi TNI,  sehingga tahan terpaan, kuat menghadapi godaan dan endingnya sukses dalam pendidikan. Acara diakhiri dengan penyerahan cindramata dari Kapusbintal TNI kepada Danmenchandra Akademi TNI dan sebaliknya.

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Senin, 23 April 2018
Kompak Pakai Kaus Setrip, Panglima TNI dan Kapolri Ramaikan Perlombaan Kartini Run
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas
Senin, 26 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI Soal Sanksi untuk Gatot yang Melobi Prabowo
Senin, 26 Maret 2018
Hadapi Pilkada dan Pemilu 2019, Panglima TNI Tegaskan Prajurit Harus Netral