72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Semau Selatan Menjadi Sasaran Tempat Diadakannya Bakti Sosial dan Komsos Lantamal VII Kupang

Senin, 14 Mei 2018 08:31:34 - Oleh : admin - Dibaca : 122 kali

Semau Selatan Menjadi Sasaran Tempat Diadakannya Bakti Sosial dan Komsos Lantamal VII Kupang

Komandan Lantamal VII Kupang dalam hal ini diwakilkan Aspotmar Lantamal VII Kupang Kolonel Marinir Sugiharto, S.H., M.H membuka kegiatan bhakti sosial kesehatan dan Komsos atau komunikasi sosial yang digelar oleh TNI-AL (Lantamal) VII Kupang di semau selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (11/05/2018).

Kegiatan itu dalam rangka Agenda rutin  Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII  Kupang, tentang Pemerataan Pelayanan Kesehatan dan komunikasi sosial di pulau Terpencil dan Terdepan di wilayah kerja Lantamal VII.

Pelayanan kesehatan gratis itu dilakukan oleh Rumkital Samuel J. Moeda Lantamal VII Kupang meliputi Pelayanan Kesehatan Umum, Bedah, Gigi, Anak dan Kandungan., selain pelayanan kesehatan, pihak TNI-AL juga melakukan komunikasi sosial dan penyuluhan tentang Potensi Maritim oleh Aspotmar  Lantamal VII Kupang dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan dan keamanan negara.

Dalam sambutannya komandan Lantamal VII kupang yang di bacakan oleh Aspotmar Lantamal VII mengatakan acara ini merupakan wujud tanggung jawab TNI angkatan Laut dalam rangka peran serta membantu tugas pemerintah daerah untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Lebih lanjut  komandan mengatakan dalam amanatnya dengan mengambil tema kita tingkatkan derajat kesehatan masyarakat pesisir sebagai upaya perkuat pertahanan negara di sektor maritim, tema ini sesuai dengan fungsi TNI angkatan Laut di bidang pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Kepala Puskesmas Akle Semau Selatan Bapak Yamis J. Hatan, S.Kep menyampaikan Apresiasi yang sangat mendalam atas kegiatan yang dilakukan oleh TNI AL Khususnya Lantamal VII Kupang, dalam upaya memberikan kontribusi terhadap pembangunan Potensi Maritim dan Kesehatan.

"Semoga kegiatan ini bisa berlangsung secara rutin dan bisa meringankan beban masyarakat Semau selatan," harap Pak Yamis.

Sekertaris Camat Semau Selatan Bapak Leksipong di sela pengobatan gratis juga mengucapkan selamat datang kepada bapak Aspotmar Lantamal VII dan tim dari Rumkital Sammuel J. Moeda yang telah memilih semau selatan sebagai tempat di adakannya pengobatan gratis dan komsos.

Dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial kesehatan pengobatan gratis, panitia mendapatkan pasien sebanyak 213 pasien dan melibatkan beberapa Medis dan Paramedis serta Dokter Spesialis langsung dari Rumkital Samuel J. Moeda Kupang diantaranya dokter umum, kesehatan Gigi dan mulut, spesialis THT, spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis bedah, spesialis anak, USG.

Acara Bakti Sosial Kesehatan, juga diadakan penyuluhan  kesehatan Gigi oleh dokter marlin  dan penyuluhan kesehatan lainnya oleh mayor laut (K) Haris benu serta ajang promosi bagi anak anak semau yang mempunyai cita cita menjadi anggota TNI Angkatan Laut, kegiatan penyuluhan ini di laksanakan SMAN 1 semau selatan dengan jumblah  sebanyak 157 siswa.

"Karena TNI Angkatan Laut merupakan komponen utama pertahanan Negara di laut yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan bakti sosial kesehatan dan pembinaan dan pemberdayaan wilayah laut."Ucap karumkit samuel J moeda, menurutnya, Tugas tersebut diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi maritim menjadi potensi pertahanan serta menciptakan kondisi yang kondusif guna mendukung rencana pembangunan nasional. "Salah satu cara agar tugas tersebut dapat terwujud adalah dengan menyelenggarakan Bakti Sosial kesehatan dan pembinaan potensi maritim, karena sebagai kekuatan pertahanan di laut."

Ratusan warga Semau Selatan menyerbu layanan kesehatan gratis tersebut yang di adakan Rumah sakit samuel J moeda kupang, seluruh warga Semau Selatan merasa senang dengan di adakannya pengobatan gratis di ini, karena di semau selatan ini sangat kurang sekali untuk  tim medisnya, ujur salah satu warga semau selatan  Bapak Marten.

Turut hadir dalam acara pembukaan Baksos dan Komunikasi Sosial diantaranya Aspotmar Danlantamal Lantamal VII Kupang, Karumkit Samuel J. Moeda Kupang,, Perwira  dan anggota rumkit yang terlibat, Danramil  Semau Selatan, Bapak Sekretaris Camat dan Kepala Puskesmas Akle.

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TN‎I Berharap Ada Peraturan Pemerintah untuk Wadah Pasukan Elite TNI Berantas Terorisme
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TNI: Koopsusgab Miliki Peran Pencegahan hingga Penindakan Aksi Terorisme
Senin, 23 April 2018
Kompak Pakai Kaus Setrip, Panglima TNI dan Kapolri Ramaikan Perlombaan Kartini Run
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas