72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Empat Satuan Baru TNI Jadi Garda Terdepan Pertahanan Di Timur Indonesia

Senin, 14 Mei 2018 13:22:45 - Oleh : admin - Dibaca : 1154 kali

Empat Satuan Baru TNI Jadi Garda Terdepan Pertahanan Di Timur Indonesia

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin upacara peresmian Kesatuan Divisi Infanteri (Divif)-3/Kostrad, Komando Armada (Koarmada) III, Koopsau III, dan Pasmar 3, serta perubahan nama Koarmabar dan Koarmatim, bertempat di Lapangan Apel Mako Koarmada III, Sorong, Papua Barat. Jumat, (11/05).

Adapun pejabat dalam upacara tersebut diantaranya, Pangdivif-3/Kostrad Mayjen TNI Achmad Marzuki, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., dan Pangkoopsau III Marsekal Pertama TNI Tamsil Gustari Malik, S.E., serta Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M.

Pembentukan satuan baru dan perubahan nama satuan TNI ditetapkan berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 12 Tahun 2018 tanggal 8 Mei 2018. Pembentukan 4 (empat) satuan baru TNI tersebut sejalan dengan kebijakan TNI dalam rangka mewujudkan konsep Trimatra Terpadu TNI dengan gelar wilayah timur/sekitar ALKI III. Komitmen Panglima TNI dengan mencanangkan Program 100 Hari Kerja memproritaskan pembentukan Divisi Infanteri-3/Kostrad yang bermarkas di Makassar, Koarmada III dan Pasmar 3 di Kabupaten Sorong, Papua Barat dan Koopsau III di Biak.

Dalam amanatnya, Panglima TNI menyampaikan pada hari ini kita bersama-sama menyaksikan sekaligus menjadi saksi sejarah, dimana Divisi Infanteri (Divif)-3/Kostrad TNI AD, Koarmada III dan Pasmar 3 TNI AL, serta Koopsau III TNI AU telah diresmikan menjadi satuan baru yang menjadi bagian struktur organisasi baru TNI. Upaya pembentukan empat satuan baru TNI ini memiliki nilai strategis tinggi dan latar belakang yang dilihat dari lingkungan strategis global maupun regional, dimana terjadi dinamika ancaman atau permasalahan semakin meningkat dan kompleks.

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TN‎I Berharap Ada Peraturan Pemerintah untuk Wadah Pasukan Elite TNI Berantas Terorisme
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TNI: Koopsusgab Miliki Peran Pencegahan hingga Penindakan Aksi Terorisme
Senin, 23 April 2018
Kompak Pakai Kaus Setrip, Panglima TNI dan Kapolri Ramaikan Perlombaan Kartini Run
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas