72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Pasmar-3 Korps Marinir Resmi Berdiri Di Tanah Papua Barat

Selasa, 15 Mei 2018 10:25:39 - Oleh : admin - Dibaca : 116 kali

Pasmar-3 Korps Marinir Resmi Berdiri Di Tanah Papua Barat

Setelah melalui proses panjang perecanaan pembangunan kekuatan TNI dalam rangka menunjang tugas-tugas TNI di wilayah timur Republik Indonesia, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP meresmikan empat satuan baru TNI dalam sebuah upacara militer di lapangan upacara Lantamal XIV Sorong.Papua Barat, beberapa waktu lalu.

Empat satuan baru TNI yang diresmikan Panglima TNI  yaitu  Divisi Infanteri-3 Kostrad, Komando Armada III, Pasmar-3 Koprs Marinir TNI-AL, dan Komando Operasi Angkatan Udara (Koops AU) III yang merupakan salah satu program 100 hari kerja Panglima TNI dalam membangun kekuatan TNI dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam amanatnya Panglima TNI menyampaikan penambahan empat satuan baru di wilayah Kawasan Timur Indonesia dalam rangka mendukung poros maritim dunia dan menjaga wilayah-wilayah perbatasan. Menurut Panglima TNI, saat ini kekuatan hanya ada di wilayah barat dan tengah. Kawasan timur cakupannya sangat luas. Wilayah Timur untuk satuan induk tempur belum ada, sehingga harus terlaksana untuk menjaga stabilitas negara. "Untuk pemenuhan personel tidak langsung segera tetapi bertahap," jelasnya.

Pembentukan 4 (empat) satuan baru TNI tersebut sejalan dengan kebijakan TNI dalam rangka mewujudkan Trimatra Terpadu TNI dengan gelar wilayah satuan di wilayah timur Inonesia sekitar ALKI Ill. Komitmen tersebut diwujudkan Panglima TNI dengan mencanangkan Program 100 Hari Panglima TNI yang salah satunya program prioritasnya adalah pembentukan Divisi 3/Kostrad, Koarmada lll, Koopsau Ill dan Pasmar-3 yang saat ini sudah terwujud dan 2 perubahan nama satuan TNI yaitu Komando Armada RI Wilayah Barat (Koarmabar) menjadi Koarmada-l, Komando Armada RI Wilayah Timur(Koarmatim) menjadi Koarmada-Il.

Dengan diresmikannya Pasmar-3 yang berkedudukan di kota Sorong, Papua Barat, saat ini Korps Marinir TNI AL telah memiliki 3 Satuan setingkat Divisi yang dipimpin oleh seorang Perwira Tinggi Korps Marinir  beepangkat Bintang Satu. Untuk Komandan Pasmar-3 dijabat oleh Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos, M.M. yang dilantik langsung oleh Panglima TNI.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TN‎I Berharap Ada Peraturan Pemerintah untuk Wadah Pasukan Elite TNI Berantas Terorisme
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TNI: Koopsusgab Miliki Peran Pencegahan hingga Penindakan Aksi Terorisme
Senin, 23 April 2018
Kompak Pakai Kaus Setrip, Panglima TNI dan Kapolri Ramaikan Perlombaan Kartini Run
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas