72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

Perkokoh Kemanunggalan TNI - Rakyat, Pusbintal TNI Lakukan Komunikasi Sosial

Selasa, 15 Mei 2018 18:04:43 - Oleh : admin - Dibaca : 248 kali

 Perkokoh Kemanunggalan TNI - Rakyat,  Pusbintal TNI Lakukan Komunikasi Sosial

Pusbintal TNI melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial dengan tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan para Perwira Pembina Mental TNI dari tiga Matra (Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara), bertempat di Puri Caping Gunung Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Selasa (15/5). 

Kapusbintal TNI Laksamana Pertama TNI Budi Siswanto,S.T.,M.A.P, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sespusbintal TNI Kolonel Caj Drs. HM. Zaid, M.M., menyampaikan, bahwa acara Komsos merupakan forum silaturahim dan sarana komunikasi serta bertukar informasi antara TNI dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat, yang sama-sama memiliki fungsi sebagai perekat atau pemersatu umat dan pemersatu bangsa. Beranjak dari tema Komsos Pusbintal TNI tahun 2018 "TNI Netral Dan Manunggal Dengan Rakyat", disampaikan lebih lanjut bahwa TNI sebagai komponen utama penjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI, dituntut untuk selalu siap melaksanakan tugas sesuai ketentuan undang-undang, demikian pula dalam menghadapi pesta demokrasi TNI harus bersikap netral dengan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, karena politik TNI adalah politik negara yaitu politik yang menjamin tetap tegak kokohnya NKRI. 

Dialog yang dipandu oleh Kabagbintalroh Pusbintal TNI Kolonel Caj Drs. Nur Chamdani tersebut mendapat tanggapan positif dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan yang hadir. Antusias peserta yang terlihat dalam sesi diskusi tersebut menunjukkan bahwa komunikasi yang dibangun mengarah dan menuju pada satu titik temu yang sama yakni memahami bahwa dalam pesta demokrasi prajurit TNI netral, tidak berpolitik praktis, tidak memihak dan tidak memberi bantuan apapaun bentuknya kepada Partai maupun Tokoh Politik  dalam Pemilu Legislatif, Pemilukada maupun Pilpres.

Tanggapan positif dan antusias peserta dalam kegiatan Komunikasi Sosial ini menjadi catatan tersendiri bagi panitia, bahwa forum silaturahmi yang digelar dipandang cukup efektif dalam membangun komunikasi guna memelihara dan meningkatkan kebersamaan, bahkan kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan khususnya terkait Netralitas TNI, sehingga diharapkan Komunikasi Sosial ini dapat memperkuat hubungan emosional prajurit TNI dengan berbagai elemen bangsa dalam hal ini diwakili tokoh agama dan tokoh masyarakat sebagai simbol pemersatu umat dan pemersatu bangsa.  

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TN‎I Berharap Ada Peraturan Pemerintah untuk Wadah Pasukan Elite TNI Berantas Terorisme
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TNI: Koopsusgab Miliki Peran Pencegahan hingga Penindakan Aksi Terorisme
Senin, 23 April 2018
Kompak Pakai Kaus Setrip, Panglima TNI dan Kapolri Ramaikan Perlombaan Kartini Run
Rabu, 28 Maret 2018
Ini Kata Panglima TNI saat Sambangi Ribuan Personel di Balikpapan
Rabu, 28 Maret 2018
Siapkan Buku Saku, Panglima TNI Ingin Prajurit Jaga Netralitas