72c48fd458ce9e91857e30ed00aff432.jpg

AMANAT PANGLIMA TNI PADA PEMBUKAAN RAPIM TNI 2014

Jum`at, 10 Januari 2014 09:58:31 - Oleh : admin - Dibaca : 3675 kali

AMANAT PANGLIMA TNI

PADA

PEMBUKAAN RAPIM TNI 2014

JAKARTA, 8 JANUARI 2014

YANG SAYA HORMATI,

KEPALA STAF ANGKATAN DARAT,

KEPALA STAF ANGKATAN LAUT,

KEPALA STAF ANGKATAN UDARA,

 

PARA PESERTA RAPIM TNI SEKALIAN, HADIRIN DAN UNDANGAN, YANG BERBAHAGIA,

MENGAWALI KEGIATAN INI, MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, PADA HARI INI KITA DAPAT MENYELENGGARAKAN RAPAT PIMPINAN TNI TAHUN 2014. 

DI ATAS KETULUSAN DAN SEMANGAT PENGABDIAN, PADA RAPIM TNI KITA AKAN MENCURAHKAN TENAGA DAN MENGEKSPRESIKAN PEMIKIRAN BAGI KEMAJUAN TNI YANG KITA CINTAI BERSAMA. KARENA KITA YANG MENGENDALIKAN ORGANISASI TNI, MAKA KITALAH YANG HARUS MELAKUKAN PERBAIKAN KE ARAH KEMAJUAN.

BUKAN SEMATA-MATA KITA AKAN MENAMPILKAN "WE ARE DIFFERENT AND WE ARE THE SOLUTION", BUKAN KITA JUGA  ANTI TERHADAP KEMAPANAN, TAPI INILAH TANTANGAN TUGAS UNTUK MENGADAKAN PERUBAHAN KE ARAH YANG LEBIH BAIK.

SAYA YAKIN SEKECIL APAPUN PEMIKIRAN DALAM MENCARI DAN MENGIDENTIFIKASI SUMBATAN/PERMASALAHAN SERTA MENEMUKAN SOLUSINYA, YANG SAUDARA EKSPRESIKAN DENGAN SEGALA KETULUSAN, AKAN MEMILIKI NILAI TAMBAH DAN NILAI IBADAH BAGI KEPENTINGAN ORGANISASI SERTA PRIBADI.

SEBAGAIMANA LAYAKNYA SUATU  KEHIDUPAN, INSTITUSI TNI BERHARAP BANYAK DAPAT MEMBERIKAN NILAI TERBAIK DARI WAKTU KE WAKTU BAGI RAKYAT, BANGSA DAN NEGARA, SERTA DAPAT DIPASTIKAN DALAM PERJALANANNYA AKAN BERHADAPAN DENGAN SEGALA SIMPUL YANG MEMBUAT TNI BERJALAN DI TEMPAT DAN SUMBATAN-SUMBATAN YANG MEMBUAT TNI TIDAK KREATIF DAN INOVATIF.

SIMPUL DAN SUMBATAN ATAU KENDALA INILAH YANG AKAN KITA CARI, TEMUKAN DAN SOLUSIKAN BERSAMA, MELALUI

PEMIKIRAN-PEMIKIRAN CERDAS PARA PIMPINAN DI JAJARAN TNI, TERUTAMA SIMPUL DAN SUMBATAN YANG BERSIFAT TRADISIONAL DI DALAM DIRI KITA.

FORMAT SOLUSI DARI SETIAP SUMBATAN ATAU SIMPUL INI SANGAT PENTING, AGAR ANGGARAN TNI TAHUN 2014, YANG DIALOKASIKAN PEMERINTAH DAPAT KITA OPTIMALKAN BAGI KEMAJUAN PEMBANGUNAN TNI, YANG MAMPU MELAKSANAKAN TUGAS OMP DAN OMSP, BAIK DALAM KONTEKS NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL.

DALAM KAITAN TERSEBUT, PADA RAPIM TNI TAHUN 2014, KITA MENGUSUNG TEMA : "KITA MANTAPKAN PROFESIONALITAS TNI DALAM MENJAGA STABILITAS, KEDAULATAN DAN KEUTUHAN NKRI".

MERUJUK TEMA TERSEBUT DAN MEMAHAMI KONDISI TNI SAAT INI, SETIDAKNYA TERDAPAT EMPAT KEBIJAKAN JANGKA PENDEK TAHUN 2014 YANG TELAH SAYA CANANGKAN, YAITU PENGUATAN KELEMBAGAAN BAIS TNI, KODIKLAT TNI DAN INTEROPERABILITAS TNI, SERTA  UPAYA ELIMINASI EGO SEKTORAL.

SAYA DAPAT MEMASTIKAN DARI KEEMPAT KEBIJAKAN TERSEBUT, KHUSUSNYA KEBIJAKAN INTEROPERABILITAS TNI DAN ELIMINASI EGO SEKTORAL, BAIK DALAM KONTEKS STRATEGIS MAUPUN TAKTIS, MEMILIKI BENANG MERAH YANG JELAS TERHADAP PERAN, FUNGSI DAN TUGAS PERWIRA SEKALIAN DALAM PENGUATAN ORGANISASI TNI.

UNTUK ITU, SEKALI LAGI SAYA BERHARAP RAPIM TNI 2014 DAPAT MELAHIRKAN PEMIKIRAN CERDAS, KERATIF DAN INOVATIF DALAM MENCARI SOLUSI TERHADAP PERMASALAH YANG TELAH DIIDENTIFIKASI.

DEMIKIAN AMANAT SAYA, DALAM MENGAWALI PENYELENGGARAAN RAPIM TNI TAHUN 2014, SELANJUTNYA :

"DENGAN MENGUCAPKAN BISMILLAAHIR RAHMAANIRRAHIIM, SERAYA MEMOHON RIDHO DARI TUHAN YANG MAHA ESA, PADA HARI INI RABU, 8 JANUARI 2014 PUKUL ...... WIB, RAPAT PIMPINAN TNI TAHUN 2014, SECARA RESMI SAYA NYATAKAN DIBUKA".

SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MELIMPAHKAN BIMBINGAN, PETUNJUK DAN KEKUATAN KEPADA KITA SEKALIAN.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH.

PANGLIMA TNI,

MOELDOKO

JENDERAL TNI

 

 

 

"TNI dan Polri Tidak Boleh Ada Jarak, Karena Inti Kekuatan Bangsa Indonesia Adalah TNI dan Polri. Apabila Salah Satu Dilemahkan, Maka Indonesia Akan Terganggu Stabilitas Nasionalnya".
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 November 2017
Panglima TNI : Hoax, Prajurit dan Wartawan
Rabu, 15 November 2017
Gatot Nurmantyo: Jangan Menelan Berita Mentah-Mentah
Rabu, 15 November 2017
TNI Harus Kuasai Media Digital
Sabtu, 11 November 2017
Panglima TNI: Pahlawan Berjuang Tidak Pernah Menanyakan Apa Agamamu
Sabtu, 11 November 2017
Jenderal Gatot: Pahlawan Berjuang Tak Tanya Sukumu Apa