AMANAT PANGLIMA TNI PADA UPACARA PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH JAKARTA, 18 JULI 2016
Senin, 18 Juli 2016 15:39:48 - Oleh : admin - Dibaca : 3665
Home » Amanat » AMANAT PANGLIMA TNI PADA UPACARA PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH JAKARTA, 18 JULI 2016

Assalamualaikum Wr, Wb,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Syalom,

Om swastyastu,

 

Para Prajurit dan PNS TNI, yang saya cintai dan saya banggakan,

 

Marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat melaksanakan dan melanjutkan tugas yang diembankan Negara kepada kita semua.

 

Pada kesempatan yang baik ini saya mengucapkan Selamat Idul Fitri 1437 H bagi yang merayakan dan mengajak seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk senantiasa mengaktualisasikan hikmah puasa agar berhati ceria dan berakhlak yang baik, berbudi luhur, sabar, jujur dan bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan tugas.

 

Atas nama Panglima TNI, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kinerja yang tidak pernah surut hingga saat ini, yang menunjukkan bahwa para Prajurit dan PNS TNI adalah insan-insan yang bertakwa, setia, dan rela berkorban bagi bangsa dan Negara. Saya berharap, kesetiaan dan kerelaan berkorban ini tidak hanya berhenti sampai di sini, tetapi harus melekat erat sampai kapanpun dalam sanubari kita semua. Itulah karakter yang ditanamkan dalam diri kita sejak awal kita dididik menjadi seorang Prajurit maupun PNS TNI.

 

Para Prajurit dan PNS TNI, yang saya cintai dan saya banggakan,

 

Seperti kita ketahui bersama konsidi bangsa saat ini sedang mengalami persoalan multidimensional serta berbagai musibah, baik disebabkan oleh alam maupun karena ulah manusia, bahkan telah membuat masyarakat menjadi resah dan semakin menembah persoalan yang harus dihadapi bangsa Indonesia, antara lain berupa bencana alam seperti tanah longsor, banjir, dan kebakaran hutan.

 

Saya tidak bosan untuk selalu mengingatkan kembali kepada segenap Prajurit dan PNS TNI dimana saja berada dan bertugas harus peka dimana rakyat mengalami kesulitan. Itu merupakan panggilan tugas yang harus direspon dengan cepat tanpa menunggu perintah karena penanggulangan bencana berpacu dengan waktu, agar dapat meminimalis korban. Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu bentuk ancaman yang bertujuan untuk menghancurkan generasi muda bangsa (lost generations) yang sudah sangat memperihatinkan dan massif. Hal ini tentunya sangat membahayakan apabila prajurit TNI terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, mengingat TNI merupakan institusi pertahanan Negara. Saya  tegaskan lagi, bagi prajurit TNI yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba akan diberikan sanksi berat, bahkan pemecatan sesuai aturan, karena itu ketaatan terhadap peraturan merupakan bentuk pengabdian tertinggi bagi prajurit.

 

Perlu saya ingatkan kembali bahwa bulan ini merupakan tes akhir dari penekanan Panglima TNI terhadap bahaya narkoba, sehingga bila ada prajurit yang terlibat maka sanksi akan "lebih berat".

 

Pada aspek lain untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman terorisme kita harus selalu waspada jangan sampai teror-teror yang terjadi di luar negeri masuk ke wilayah NKRI. Aksi terorisme tidak mengenal agama, terbukti di dekat Masjid Nabawi di Madinah beberapa waktu lalu telah menjadi sasaran pengeboman. Untuk itu saya tekankan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI agar selalu tetap meningkatkan kewaspadaan melalui deteksi dan cegah dini. Tingkatkan pengamanan pangkalan , evaluasi lagi masalah lingkungan asrama, pintu-pintu masuk dan system keamanan.

 

Dalam menghadap berbagai kemungkinan ancaman, TNI terus berupaya memperkuat kehadiran dan kemampuan di seluruh kawasan Nusantara, khususnya pulau-pulau strategis dengan tujuan TNI harus mampu mempertahankan kedaulatan Negara ini, sekaligus tetap memelihara hubungan baik dengan Negara tetangga.

 

Peristiwa penyanderaan terhadap WNI oleh kelompok Abu Sayyaf yang berulang kali terjadi di perairan Filipina dan Malaysia, adalah kejadian yang tidak dapat ditolerir. Kepada prajurit TNI, saya perintahkan untuk selalu siap menghadapi segala kemungkinan, apabila TNI dilibatkan dalam upaya pembebasan sandera.

 

Sebagai Prajurit TNI dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan Negara dan dihadapkan kepada tantangan tugas yang semakin berat, Prajurit TNI harus senantiasa memegang teguh dan mempedomani LIMA SIFAT TNI dimanapun bertugas dan berada, yaitu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai keunggulan moral, mempunyai sifat pantang menyerah, rela berkorban dan mencintai rakyatnya.

 

Selanjutnya, pegang teguh rahasia Negara dan rahasia jabatan dalam hal ini terkait dengan pengamanan terhadap berita dan kegiatan TNI sebagaimana tertuang dalam Sumpah Prajurit dan Panca  Prasetya Korpri guna diamalkan dalam setiap kegiatan sehari-hari untuk menghindarkan diri dari pelanggaran yang tidak perlu, untuk itu tegakkan lagi jam Komandan di seluruh jajaran TNI.

 

Para Prajurit dan PNS TNI, yang saya cintai dan saya banggakan,

 

Kita telah menerima atensi yang luar biasa dari pemerintah antara lain sebelum cuti bersama menerima gaji ke-13 dan 14; setelah cuti menerima tunjangan kerja ke-13. Ini adalah bentuk kepercayaan dan kecintaan serta perhatian pemerintah kepada institusi TNI, karena disiplin, loyalitas dan kinerja TNI. Maka sepantasnya atensi tersebut kita jawab dengan lebih disiplin, solid dan bekerja, bekerja dengan penuh dedikasi untuk NKRI.

 

Demikian amanat saya pada upacara bendera hari ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan kesehatan dan kekuatan kepada kita sekalian, dalam melanjutkan tugas, serta pengabdian kepada bangsa dan Negara yang sangat-sangat kita cintai bersama.

 

Sekian dan terima kasih,

Wassalamualaikum Wr, Wb,

Syalom,

Om shanti shanti shanti om.

 

 

Panglima TNI,

 

 

Gatot Nurmantyo

Jenderal TNI

Baca "Amanat" Lainnya

All Comments (0)

Sign In or Sign Up now to post a comment!

Tahun 2017 Adalah Bersih-Bersih Ditubuh TNI dari Masalah Korupsi, Karena Korupsi Dapat Menghambat Kemajuan dan Pembangunan TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Siaran Pers

Pengumuman

Kamis, 15 Juni 2017
Lomba Foto dan Karya Tulis
Jum`at, 2 Januari 2015
Call Center

Polling

Informasi apa yang paling Anda butuhkan dari website ini ?

 
TV Streaming
patriot
patriot
pendidikan
Majalah TNI
download
download
download
LPSE
LAKIP

Video TNI