3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

KRI Usman Harun-359 Dan BNS Bijoy-F35 Latihan Towing Bersama di Laut Mediterania

Jum`at, 1 Juni 2018 09:57:41 - Oleh : admin - Dibaca : 556 kali

KRI Usman Harun-359  Dan BNS Bijoy-F35 Latihan Towing Bersama di Laut Mediterania

(Puspen TNI. Jumat 1/6/2018)   KRI Usman Harun-359 melaksanakan latihan towing atau peran tunda dengan kapal perang Angkatan Laut Bangladesh BNS Bijoy-F35 dengan manuver lapangan di laut Mediterania, Kamis (31/05/2018).

Demikian disampaikan Komandan KRI Usman Harun-359 yang sekaligus Komandan MTF TNI XXVIII-J/UNIFIL Kolonel Laut (P) Alan Dahlan,S.H., M.Si., di atas anjungan KRI Usman Harun-359  usai latihan towing  bersama kapal perang Angkatan Laut Bangladesh di Laut Mediterania.

Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Alan Dahlan menyampaikan bahwa latihan ini merupakan bagian dari kegiatan yang dilaksanakan oleh unsur-unsur Maritime Task Force (MTF) dalam meningkatkan interoperabilitas di samping tugas utamanya melaksanakan patroli atau Maritime Interdiction Operation (MIO) di Area Maritime Operation (AMO).

Lebih lanjut Kolonel Laut (P) Alan Dahlan mengatakan bahwa Latihan Towing dilaksanakan  melibatkan KRI Usman Harun-359  jenis  Multi Role Light Frigate (MRLF) dan BNS Bijoy-F35 jenis kapal perangOffshore Patrol Vessel (OPV) . Dalam latihan tersebut secara bergantian melaksanakan peran sebagai kapal penunda (towing ship) dan unsur lain sebagai kapal yang ditunda (disabled ship).

Latihan towing yang melibatkan dua kapal perang ini dilaksanakan dengan  tujuan memberikan bantuan kepada kapal yang ditunda (disabled ship) disebabkan kerusakan mesin atau kegagalan fungsi sistem kapal di tengah laut yang mengakibatkan tidak dapat berolah gerak.

Kolonel Laut (P) Alan Dahlan menyampaikan bahwa  dengan latihan ini diharapkan kesiapan personel dan peralatan  dalam kegiatan peran tunda dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur.

"Kapal penunda harus memperhatikan faktor angin, arus dan pergerakan kedua kapal agar dapat melaksanakan pendekatan kepada kapal yang ditunda dengan aman", tambahnya.

Komandan KRI Usman Harun-359 juga mengatakan bahwa latihan towing bersama dengan kapal perang Bangladesh dapat mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Bangladesh.

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 27 Juli 2018
Panglima TNI: Komando Operasi Nasional Terus Dikaji
Kamis, 26 Juli 2018
Menjelang Asian Games TNI Tingkatkan Patroli Cyber
Senin, 25 Juni 2018
TNI Gelar Lomba Karya Jurnalistik Panglima TNI Award 2018
Rabu, 6 Juni 2018
Panglima TNI Ajak Semua Jaga Keamanan Asian Games
Jum`at, 25 Mei 2018
Panglima TN‎I Berharap Ada Peraturan Pemerintah untuk Wadah Pasukan Elite TNI Berantas Terorisme