3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Terancam Punah, Dandim Bima Gandeng Pemda Setempat Gelar Aksi Penanaman 2.000 Pohon Mangrove

Senin, 24 September 2018 14:20:28 - Oleh : admin - Dibaca : 66 kali

Terancam Punah, Dandim Bima Gandeng Pemda Setempat Gelar Aksi Penanaman 2.000 Pohon Mangrove

Populasi hutan mangrove di Kabupaten dan Kota Bima, dinilai terancam punah. Lepas dari nyaris punahnya hutan mangrove di pesisi pantai karena faktor alam, juga salah satunya diduga dipicu oleh aksi penimbunan laut oleh oknum tertentu. Berangkat dari keprihatinan terhadap terancam punahnya kawasan hutan mangrove di Bima, Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo, SIK laksanakan aksi menanam mangrove sebanyak 2.000 pohon. Kegiatan tersebut, dilaksanakan pada Sabtu (22/9).

Aksi tanam 2000 pohon mangrove ini bekerjasama dengan Dandim 1608/Bima beserta Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima yang juga sebagai penyedia pohon mangrove serta dihadiri oleh seluruh anggota Polres Bima, Unsur TNI, Bupati Bima, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bima Ir.Suryadin, Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Kabupaten Bima, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Camat Palibelo, Kades Panda, Guru dan murid siswa-siswi SDN Palibelo, Anggota Kelompok masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra menyampaikan bahwa keberadan penanaman mangrove ditepi pantai ini banyak manfaatnya, diantaranya dapat membentengi bibir pantai dari abrasi ketika pasang tinggi serta melindungi biota laut yang hidup di bawah pohon mangrove. Oleh karna itu kedepnya pihaknya terus menggalakkan masyarakat akan pentingnya penanaman pohon mangrove tersebut yang salah satunya dengan adanya aksi tanam pohon mangrove ini.

"Selain itu, kegiatan seperti ini akan berdampak baik dalam meningkatkan kualitas lingkungan, kualitas kuantitas dan kuantitas kontinuitas air. Penanaman pohon mangrove tersebut juga dinilai dapat dijadikan sebagai ajang pemersatu ditengah-tengah masyarakat. Ada Pohon, Ada Air, Ada Kehidupan dan Ada Kesejahteraan," terangnya.

 

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 20 September 2018
Soal Pemilu, Panglima TNI: Laporkan Bila Ada Anggota Tak Netral
Selasa, 18 September 2018
TNI Siap Luncurkan Kapal Selam Karya Anak Indonesia
Kamis, 13 September 2018
11 Jet Sukhio Siap Perkuat TNI AU
Jum`at, 27 Juli 2018
Panglima TNI: Komando Operasi Nasional Terus Dikaji
Kamis, 26 Juli 2018
Menjelang Asian Games TNI Tingkatkan Patroli Cyber