3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

PEMBINAAN MENTAL MERUPAKAN FUNGSI KOMANDO

Jum`at, 30 September 2005 00:00:00 - Oleh : puspen - Dibaca : 845 kali

Pelaksanaan pembinaan mental bagi TNI adalah sejalan dengan tujuan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Pembinaan mental TNI merupakan fungsi komando, hal ini disebabkan karena pembinaan mental sangat vital dan dapat digolongkan sebagai fungsi organik militer khususnya yang berkaitan dengan pembinaan manusia. Dan pembinaan mental sepenuhnya menjadi tanggung jawab komandan yang dalam pelaksanaan tugasnya dapat dibantu oleh para perwira lingkungan bintal khususnya perwira rohani dan PNS rohani.

Demikian dikatakan Asisten Kasal Bidang Personel (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI Ir Sudarjanto dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Asisten Kasal Bidang Personel (Waaspers Kasal) Laksamana Pertama TNI Herry Widjaya pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Pembinaan Mental (Rakornis Bintal) TNI Angkatan Laut tahun 2005 di Auditorium Denma Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/9).

Menurut Aspers Kasal, pembinaan mental pada hakekatnya adalah pembinaan manusia, yang terdiri dari tiga unsur pokok, yaitu: fisik, intelektual, dan mental. Dalam upaya pengembangan kualitas manusia, ketiga unsur tersebut mempengaruhi keseluruhan kualitas manusia. Semakin sempurna kondisi setiap unsur, semakin sempurna pula kualitas manusia tersebut. Sebaliknya kelemahan dan kekurangan dari salah satu, dua, atau semua unsur akan menurunkan keseluruhan kualitas manusia.

Rakornis Bintal TNI AL tahun 2005 yang dihadiri oleh 66 peserta dari seluruh kotama TNI AL di Indonesia diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 29-30 Oktober 2005, dengan maksud untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dan menghimpun permasalahan-permasalahan yang timbul di lapangan untuk dipecahkan bersama. Keberhasilan pelaksanaan Rakornis Bintal TNI AL 2005 sangat tergantung pada peran aktif para peserta dalam keseluruhan rangkaian kegiatan Rakornis.

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 6 Agustus 2020
Satgas TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan di Lebanon
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan