3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satpol PP Harus Menguasai Bela Diri

Kamis, 7 Februari 2019 15:22:59 - Oleh : admin - Dibaca : 80 kali

Satpol PP Harus Menguasai Bela Diri

 

Dalam rangka mempertahankan diri saat bertugas menghadapi massa, personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonosobo dibekali ilmu bela diri dari Kodim 0707/Wonosobo, Kamis (7/2).

Satpol PP itu merupakan pasukan Pemda yang berhubungan langsung dengan masyarakat bila ada masalah maka agar percaya diri dalam menghadapi masalah seorang Satpol PP harus mempunyai kemampuan dan keahlian khususnya beladiri.

Selain itu pelatihan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan anggota agar mampu mengaplikasikan dan menegakkan peraturan daerah sebagai mana fungsi utamanya sebagai satuan penegak perda.

Serma Sutardi menyampaikan "Pelatihan beladiri tersebut dapat berguna bagi anggota Satpol PP untuk melatih kedisiplinan mereka. Pelatihan bela diri diperlukan agar setiap anggota atau pegawai Satpol PP mampu mempertahankan diri bilamana dilapangan dihadapkan pada situasi yang kadang dituntut untuk bisa membela atau menolong orang yang terdesak," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan semacam ini harus rutin dilaksanakan agar dapat memantau dan mengawasi kualitas dari seorang anggota Satpol PP dalam kesiapannya melaksanakan tugas penertiban dan penegakkan perda.

Kasatpol PP juga menyampaikan "Dengan latihan beladiri yang rutin dan konsisten, para anggota Satpol PP akan mampu menjadi yang terdepan dalam menjalankan tugas secara profesional dan berwibawa. Selain itu, tangguh dalam menjalankan tugas sebagai penegak Peraturan Daerah, dan memiliki mental yang kuat, fisik yang sehat serta mampu berinteraksi dengan masyarakat melalui pendekatan persuasif dan juga untuk melatih kekompakan, jiwa korsa, serta menguatkan fisik," ucapnya.

Dijelaskan pula bahwa penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan diharapkan dapat menjadikan para peserta memiliki kepribadian yang militan, cerdas, dan mampu menjadikan pribadi yang berguna bagi masyarakat.

Ia menambahkan "Latihan beladiri bukan untuk gagah-gagahan, bukan untuk jagoan tetapi digunakan untuk menjaga diri apabila kita berhadapan dengan massa. Beladiri tidak boleh digunakan untuk menyakiti orang lain. Beladiri harus dilakukan dan dimafaatkan secara bijak, tidak untuk main-main," pungkasnya.

Harapannya usai mengikuti pelatihan tersebut para anggota Satpol PP dapat tampil menjadi pribadi yang lebih dewasa, memiliki kepribadian yang matang, arif dan bijaksana dalam menyikapi segala situasi dengan berfikir cerdas dan proporsional.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai
Selasa, 27 November 2018
TNI AD Kembali Juara Tembak ASEAN, Jokowi: Rakyat Sangat Bangga!