3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Korve Koba Di Lanud Sultan Iskandar Muda

Kamis, 7 Februari 2019 15:23:41 - Oleh : admin - Dibaca : 59 kali

Korve Koba Di Lanud Sultan Iskandar Muda

Sesuai arahan Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., terkait keselamatan terbang dan kerja (Lambangja) dalam rangka menuju zero accident, maka dilaksanakan korve atau pembersihan KOBA (kerusakan oleh benda asing) di Apron Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Kamis (7/2).

Usai apel pagi, seluruh personel di bawah pimpinan Kadisops Lanud Sultan Isandar Muda Letkol Pas Catur Yanuar berbegas menuju apron Lanud Sultan Iskandar Muda dan membentuk barisan bersaf kemudian berjalan pelan-pelan sambil mengamati benda-banda asing disekitar jalan yang dilalui. "Tidak perlu buru-buru, kita harus perhatikan tiap langkah kaki untuk menemukan benda asing, setelah menemukan dikumpulkan dan dibuang pada tempat yang telah disediakan," katanya seraya menjelaskan apabila benda asing tersebut masuk ke mesin pesawat ataupun mampu merusak ban pesawat maka pesawat akan mengalami kerusakan dan tidak dapat beroperasi.

Kegiatan ini  dimulai dari ujung apron, taxi way, apron shelter galaxy dan sekitaran shelter galaxy. Korve KOBA ini, lanjut Kadisops, harus dilakukan secara berkala untuk menjadi budaya safety di Lanud Sultan Iskandar Muda dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan. "Setiap personel memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dalam rangka mewujudkan zero accident, sehingga tidak ada salahnya untuk saling mengingatkan, memperhatikan dan terutama menanamkan budaya safety pada diri sendiri," tegasnya.

Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., ditempat terpisah mengatakan bahwa budaya safety menjadi salah satu penekanannya saat menjabat Danlanud Sultan Iskandar Muda. Seperti korve KOBA, lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian personel Land Sultan Iskandar Muda terhadap keselamatan penerbangan. "Sedikit saja kita lengah, tidak melakukan check and recheck yang mungkin terdapat benda asing, maka fatal akibatnya," ujarnya seraya mengingatkan pentingnya keselamatan terbang dan kerja, agar bersama-sama meningkatkan kepedulian untuk meminimalisir bahkan mencegah hal-hal yang tidak diingikan, salah satunya melalui korve KOBA ini.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai
Selasa, 27 November 2018
TNI AD Kembali Juara Tembak ASEAN, Jokowi: Rakyat Sangat Bangga!