3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

TNI dan USIPACOM serta HING gelar Pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 Membahas Peningkatan Kemampuan Penanggulangan Bencana

Jum`at, 1 Maret 2019 16:46:22 - Oleh : admin - Dibaca : 135 kali

TNI dan  USIPACOM  serta HING gelar Pertemuan IPC Gema Bhakti 2019  Membahas Peningkatan Kemampuan Penanggulangan Bencana

(Puspen TNI). TNI  dan US Indo Pacific Command (USIPACOM) serta  Hawaiian National Guard (HING) menggelar pertemuan Initial Planning Conferences (IPC) selama tiga hari mulai pada tanggal 25 s.d. 28 Februari 2019 dalam rangka membahas rancangan peningkatan kemampuan penanggulangan bencana melalui latihan bersama  di Raffles Hotel, Mega Kuningan Jakarta. 

Pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 , delegasi TNI dipimpin Paban VII/Latma Staf Operasi  TNI Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo yang diikuti 14 perwira TNI, sedangkan USIPACOM  serta HING dipimpin J3 Assistant HING Colonel James Douglas Silva Barros melibatkan 22 perwira.

Kegiatan pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 tersebut dilaksanakan untuk merancang kegiatan peningkatan kapasitas, mekanisme sistem dan koordinasi dalam rangka menghadapi ancaman terjadinya bencana. Salah satu ancaman nyata adalah terjadinya bencana massif akibat adanya pertemuan lempeng bumi di kawasan ini (Ring of Fire). Untuk merespon ancaman bencana  tersebut, perlu usaha, sistem, mekanisme, organisasi, kinerja dan materiil yang kuat dan lengkap dari negara dalam kawasan.

Kerja sama  antar negara dalam kawasan yang menghadapi ancaman yang sama sangat diperlukan agar tercapai sinkronisasi dan kesamaan pola pikir dan tindakan dalam mengatasi ancaman bencana  secara bersama-sama. Kegiatan kerjasama tersebut dirancang dalam bentuk latihan bersama Gema Bhakti 2019 (GB19) dengan metode Academic Class, Staf Exercise (STAFFEX) dan Table Top Exercise (TTX).

Dalam pertemuan IPC Gema Bhakti 2019 ini, telah disepakati hal-hal terkait latihan Gema Bakti 2019 antara lain jadwal kegiatan , tempat pelaksanaan latihan, konsep dan sasaran, skenario  dan organisasi peserta latihan.

Rencana kegiatan Gema Bakti 2019 akan dilaksanakan pada bulan September 2019 di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Sentul-Bogor,  dengan melibatkan sejumlah personel TNI dan USIPACOM serta HING.  Latihan bersama  dilaksanakan dengan

materi latihan diantaranya Military Decision Making Proccess (MDMP), Joint Concept, Civil Miltary Coordination (CIMIC), Defensive Cyber Operation, Humanitarian Assistant and Disaster Response (HADR), Peace Enforcement dan Counter Terrorism (CR).

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai
Selasa, 27 November 2018
TNI AD Kembali Juara Tembak ASEAN, Jokowi: Rakyat Sangat Bangga!