3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Penyebab Karhutla Adalah Ulah Manusia

Rabu, 13 Maret 2019 11:58:21 - Oleh : admin - Dibaca : 57 kali

Penyebab Karhutla Adalah Ulah Manusia

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan, Pemprov bersama BNPB, TNI/Polri, BMKG, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan serta Intansi Terkait lainnya, melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan  Tahun 2019, bertempat di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (12/3).

Menurut Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Monardo kebakaran hutan dan lahan selama ini terjadi karena sebagian besar akibatnya adalah ulah manusia. "Apakah tiap tahun begini terus dan kita semua tahu penyebab Karhutla adalah manusia. Saya datang ke berbagai daerah seluruhnya 99%  perbuatan manusia. Dan memang terbukti itu sebagian besar,"ucapnya.

BNPB RI telah membawa para Pakar untuk mengatasi Karhutla di Provinsi  Sumatera Selatan dengan membentuk sebuah Tim. Tim ini akan bekerjasama dengan TNI/Polri dan Pemerintah serta membentuk sebuah unsur yang terdiri dari Komponen Masyarakat   termasuk para  Pakar, Akademisi, Komunitas, Budayawan serta Para Media, sehingga Tim ini nantinya akan berada di tengah Masyarakat.    "Kita berharap Tim ini akan memberikan penyuluhan. Oleh karena itu Tim Gabungan ini yang akan membuatkan sebuah konsep. Dimana kita menyusun sebuah program agar pemberdayaan Masyarakat menjadi prioritas. Kita sudah mengetahui  dari sebuah data dan dokumen penyebab kebakaran adalah manusia", ungkapnya.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai
Selasa, 27 November 2018
TNI AD Kembali Juara Tembak ASEAN, Jokowi: Rakyat Sangat Bangga!