3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Panglima TNI Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Riau

Kamis, 14 Maret 2019 08:28:01 - Oleh : admin - Dibaca : 1 kali

Panglima TNI Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Riau

(Puspen TNI).  Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memberikan kuliah umum di hadapan sekitar 500 mahasiswa dan Civitas Akademi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dengan materi "Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam Merawat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Di Era Revolusi Industri 4.0", bertempat di Gedung K.H. Ahmad Dahlan, UMRI, Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Rabu (13/3/2019).

Dalam kuliah umumnya, Panglima TNI menyampaikan bahwa revolusi industri 4.0. adalah sebuah era yang diwarnai dengan berbagai kemajuan teknologi dengan kecepatan yang mengagumkan. "Bahkan kemajuan teknologi tersebut diwarnai dengan berbagai disrupsi-disrupsi yang di satu sisi membawa manfaat, namun di sisi lain menimbulkan paradox", ucapnya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membawa kemudahan bagi masyarakat, dalam berkomunikasi serta bersosialisasi dengan berbagai komunitas di berbagai belahan dunia, dengan hampir tanpa batas dan tanpa hambatan.

Ditambahkan pula bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat terjadi di bidang lain, seperti teknologi siber, transportasi, biomolekular, fisika kuantum, eksplorasi angkasa, eksplorasi bawah laut, dan tentu saja teknologi militer.  "Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat membawa pengaruh yang luar biasa pada tata kehidupan bermasyarakat dan bernegara", katanya.

"Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam pola komunikasi, pola sosialisasi, pola bisnis dan lain-lain yang seolah-olah saat ini kita hidup dalam dunia yang tanpa batas. Kecepatan perubahan bahkan mengalahkan kecepatan kita dalam memahami perubahan itu sendiri", tuturnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 ini, dibutuhkan peran pemuda dan mahasiswa yang memiliki intelektualitas tinggi, konektivitas luas, dan sekaligus mentalitas kebangsaan yang tangguh.

‘Saya berkeyakinan universitas-universitas itu center of excellence tempat orang-orang pintar, tempatnya orang-orang dididik menjadi orang-orang yang tangguh dalam menghadapi segala cobaan dan siap untuk membangun negeri ini", katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kapolri, Jenderal Pol. Prof. H. Tito Karnavian, Ph.D., Wakil Gubernur Riau Edy Nasution, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Dr. H. Mubarak, M.Si, Kapolda Riau Irjen Pol. Drs. Widodo Eko Prihastopo, Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI, Laksma TNI Budi Siswanto, S.T., M.A.P., Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI, Marsma TNI M. Khairil Lubis, Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI, Brigjen TNI (Mar) Purnomo dan Wakil Asisten Perencana (Waasrena) Kasau, Marsma TNI Purwoko Aji Prabowo.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur