3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kapushidrosal : Wujudkan Indonesia Sebagai Negara Poros Maritim Dunia

Selasa, 19 Maret 2019 14:09:20 - Oleh : admin - Dibaca : 13 kali

Kapushidrosal : Wujudkan Indonesia Sebagai Negara Poros Maritim Dunia

Mewujudkan Indonesia sebagai Negara Poros Maritim Dunia merupakan misi pemerintah pada saat ini. Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan niat pemerintah tersebut.

Hal tersebut dikatakan oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) upacara 17-an di Lapangan Apel Mako Pushidrosal, di Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol timur, Jakarta Utara. Senin (18/03).

Upacara yang dihadiri oleh seluruh Anggota Pushidrosal ini,  terdiri dari 1 Kompi Perwira Menengah, 1 Kompi Perwira Pertama, 3 Kompi Bintara Tamtama dan 1 Kompi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang juga dihadiri oleh Para Pejabat Teras Pushidrosal. Selaku Komandan Upacara yaitu Letkol Laut (KH) Kukuh Suryo W.

Dalam Amanat, Kapushidrosal  mengingatkan kembali semangat nasionalisme, kebangsaan kita sebagai Warga Negara Indonesia, meneruskan Semangat Para Pahlawan yg telah memerdekakan bangsa ini. Dan tugas kita tidak hanya untuk menikmati tetapi juga jangan lupa untuk mengisinya, jangan sampai ada bangsa lain yang mengisinya sehingga Negara kita terjajah kembali.

Kita isi kemerdekaan ini dengan kinerja dan semangat kerja sebaik-baiknya secara profesional dan proposional sesuai dengan bidang tugas kita masing-masing. Memang secara fisik kita sudah tidak terjajah lagi, tetapi apabila kita tidak menjaga diri dengan baik, maka kita akan terjajah kembali oleh tehnologi, ekonomi, politik dan informasi.

Orang nomor satu di jajaran Pushidrosal ini mengajak kita untuk menjadi Bangsa yang Super. Kita berkaca diri sebagai Prajurit yg baik, diucapkannya kembali Sapta Marga bukan hanya sekedar kita hafal, tetapi kita juga masukkan dalam benak kita masing-masing sebagai landasan pengabdian di Tentara Nasional Indonesia khususnya Angkatan Laut.

Sebelum mengakhiri Amanatnya, Irup mengingatkan kembali bahwa tahun ini adalah tahun politik, yang sebentar lagi akan menghadapi pesta politik, Irup mengharapkan sebagai anggota Prajurit Militer dan Pegawai Sipil untuk tetap menjaga netralitas, jangan mudah terpancing oleh situasi politik cukup fokus pada tugas pokok kita, dan apabila menemukan hal-hal yang tidak sesuai atau melanggar aturan, kita tdk perlu main hakim sendiri, laporkan kepada pihak berwajib yang ada di sekitar kita.

Jangan mudah terpancing dengan provokasi dari berita-berita yang tidak jelas atau hoax di media massa, segera laporkan kepada pimpinan untuk mendapatkan saran-saran dalam mengambil keputusan yang tepat agar diselesaikan secara prosedural sesuai dengan tingkat berat ringannya pelanggaran serta konsukwensi yang diterima yaitu dikenakan sanksi bagi si pelanggar.

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17