3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Komandan Wing 8 Membuka Latihan Walet Terampil 2019

Jum`at, 22 Maret 2019 13:59:57 - Oleh : admin - Dibaca : 110 kali

Komandan Wing 8 Membuka Latihan Walet Terampil 2019

Komandan wing 8 Kolonel Pnb  Taufiq Arasj mewakili Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala, membuka  latihan satuan Lanud Suryadarma "Walet Terampil Tahun 2019", yang dilaksanakan di Kantor Wing 8 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jumat (22/3/2019).

Latihan tersebut diikuti, oleh seluruh anggota Lanud Suryadarma, dan diikuti  dari tim Satgas BPBD Kabupaten Subang, yang bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan satuan jajaran Lanud Suryadarma secara terpadu, dalam upaya mengantisipasi dan menanggulangi kontigensi yang terjadi dan berpedoman pada buku petunjuk operasi TNI Angkatan Udara beserta piranti lunak lainnya serta pentingnya memberikan pengetahuan bencana dan tata cara untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana kepada masyarakat sejak dini.

Menurut Danwing 8, Latihan Walet Terampil merupakan latihan satuan terpadu Lanud Suryadarma sebagai kelanjutan dari latihan perorangan personel Lanud,  termasuk unsur Skadron Udara 7 serta dari pemerintah daerah Kabupaten Subang khususnya dinas BPBD.

"latihan walet terampil ini untuk mempersiapkan  dan merencanakan  rangkaian operasi penanggulangan bencana alam sehingga pada suatu saat terjadi bencana kapan saja di teritorial kota Subang anggota kita sudah siap. Selain itu juga untuk melatih parjurit TNI melakukan manajemen bencana dengan membuat perencanaan operasi tanggap darurat , pembuatan tenda pengungsian, dapur umum, pengobatan, tenda pengungsian, dapur umum, pengobatan,dan spikologis treatment," paparnya.

"Dalam hal ini perlu juga adanya kesiapsiagaan dan komunikasi antar SKPD, berkoordinasi demi kelancaraan operasi yang akan dilaksanakan. Merujuk pada kecepatan bertindak ketika terjadi bencana," kata Danwing 8.

Latihan walet terampil itu akan berlangsung selama 3 hari, untuk hari pertama tanggal 22 maret dilaksanakan gladi posko yang akan melaksanakan simulasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Gladi posko ini para peserta diharapkan sebelum manuver dilapangan dapat mampu memahami jalur koordinasi dan prosedur yang benar dalam perencanaan sampai dengan pelaksanaan penanggulangan bencana. Kemudian pada tanggal 26 dan 27 Maret kita akan melaksanakan manuver lapangan yang akan dilaksanakan di alun-alun subang dan didaerah lanud suryadarma dengan meliputi penerbangan, Pertahanan Pangkalan, Evakuasi Medis, Sarpur, Pemadam Kebakaran dan Crash Team.

Latihan ini meliputi geladi posko dan manuver lapangan di wilayah Lanud Suryadarma kalijati, dengan melibatkan kekuatan yang meliputi personel, alutsista serta fasilitas dan sarana pendukung. "Kita berharap dalam pelaksanaannya nanti semua rencana latihan dan kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan selamat sesuai dengan perencanaan kegiatan dan protap yang ada," harap Danwing 8.

"Oleh karena itu, saya berharap kepada para peserta latihan agar melaksanakan semua kegiatan dengan penuh semangat, disiplin dan dedikasi yang tinggi sehingga program yang dilatihkan dan diujikan dapat berjalan dengan lancar dan aman," jelasnya.

Sementara itu menurut Wakil Bupati Kab. Subang Agus MasyKur Rosyadi saat menghadiri pembukaan Walet Terampil 2019,  mengapresiasi sekali adanya pelatihan itu. Dimana pemerintah Kab Subang khususnya tim satuan tugas BPBD, bisa belajar kepada TNI bagaimana sigap  dan tanggap darurat bilamana terjadi bencana.Upaya apa yang akan dilakukan,  dan bagaimana peran BPBD ini sebagai leading sector dalam penanggulangan bencana bisa memperkecil resiko bencana dan lain-lainnya.

"Saya atas nama Pemda, saya sangat berterimakasih kepada Lanud Suryadarma yang telah konsen pada penanggulangan bencana melalui patihan walet terampil ini. Semoga pelatihan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bisa diaplikasikan suatu saat dalam operasi penanggulangan bencana, " tandasnya.

Usai pada pelaksanaan pembukaan latihan satuan walet terampil 2019 komandan Wing 8 Kolonel Pnb Taufiq Arasj berkesempatan menyematkan Brivet Survival kepada Wakil Bupati Subang Agus MasyKur Rosyadi yang disambut dengan gembira dan pada kesempatan itu juga Wakil Bupati Subang menerima Buku Satuan Lanud Suryadarma dengan judul "Kalidjati Suryadarma Yang diberikan oleh Kadislog Lanud Suryadarma Kolonel Tek Budhi Arifa Chaniago.

Hadir pada pembukaan Walet Terampil 2019 Danwing 8 Kolonel Pnb Taufiq Arasj, Wakil Bupati Subang Agus MasyKur Rosyadi, Kepala BPBD Kabupaten Subang Hidayat,  Kepala Satpol PP Kab. Subang Rahmat Hidayat, Kadislog Lanud Suryadarma Kolonel Tek Budhi Arafa Chaniago, Para pejabat Lanud Suryadarma dan unsur peserta Latihan Walet Terampil 2019.

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai