3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Lanud Suryadarma Dan BPBD Gelar Simulasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Selasa, 26 Maret 2019 15:00:05 - Oleh : admin - Dibaca : 106 kali

Lanud Suryadarma Dan BPBD Gelar Simulasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Lanud Suryadarma dengan Latihan Walet Terampil-nya menggelar simulasi penanggulangan atau kesiapsiagaan bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Subang di lapangan Alun Alun Kabupaten Subang. Selasa (26/3/2019).

Dalam simulasinya, Lanud Suryadarma dan BPBD Kab. Subang melakukan uji kesiapan disetiap matranya, baik dari darat dan udara yang melibatkan unsur dari Kodim 0605 Subang, Polres Subang, Dinas Kesehatan Subang dan dari ormas lainnya.

Dalam pelaksanaannya, kesiapsiagaan bencana dan Latihan Walet Terampil 2019  atau simulasi penanggulangan bencana TNI AU bersama pemerintah daerah Kab. Subang ini menunjukan aksi siap tanggap darurat seperti pertolongan pertama para korban melalui evakuasi darat, penyebaran bantuan logistik melalui udara maupun darat, penyelamatan korban bencana melalui udara menggunakan sejumlah unit helikopter EC 120 B Colibri, pembuatan dapur umum dan pemberian bantuan kesehatan bagi korban bencana.

Pada kesempatan itu Bupati Subang H. Ruhimat mengungkapkan bahwa atas nama pimpinan di jajaran pemerintah Kabupaten Subang, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Lanud Suryadarma dan segenap jajarannya serta unsur yang terlibat kegiatan kesiapsiagaan bencana dan Latihan Walet Terampil 2019.

"Kami menyambut baik kegiatan ini yang bekerjasama dengan BPBD serta Muspida dan para ormas, dengan terselenggaranya kegiatan ini menunjukkan bahwa ada niat dan keinginan yang kuat untuk menuju Subang Jawara terutama dalam program Jawara Raga dan Jawara Riksa dengan melalui optimalisasi pelayanan terhadap korban bencana dan pemanfaatan juga pengendalian ruang berbasis resiko bencana." katanya.

Bupati Subang juga mengatakan bahwa Kabupaten Subang merupakan daerah rawan bencana yang begitu komplek seperti adanya ancaman bencana gunung berapi bencana banjir, longsor, angin puting beliung bahkan ancaman bencana non alam seperti gagal teknologi yang tidak boleh lepas dari perhatian kita semua.

Semoga dengan kegiatan ini diharapkan kedepan seluruh stakeholder senantiasa tetap siaga dan bersinergi dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana di Kabupaten Subang sehingga Kabupaten Subang dapat mengurangi resiko bencana namun kita harus sadar bahwa bencana tidak dapat diprediksi bisa datang kapanpun dan dimanapun, untuk itu lebih baik kita persiapkan tapi tudak dipakai daripada dipakai kita tidak siap" jelasnya.

Sementara itu Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala menyampaikan, kegiatan kesiapsiagaan bencana dan Latihan Walet Terampil 2019  selain menguji kesiapan personel Lanud Suryadarma, dan pemerintah daerah Kab. Subang khususnya BPBD agar kedepannya dapat saling bekerja sama dalam rangka mendukung kesiapsiagaan operasi bantuan kemanusiaan penanggulangan bencana alam yang sering terjadi diwilayah Kabupaten Subang.

Dimana kata Danlanud, kegiatan kesiap siagaan bencana dan Latihan Walet Terampil 2019   ini dilaksanakan dengan  melibatkan semua instansi dan stakeholder yang berhubungan dengan penanggulangan bencana dari pemerintah daerah Kabupaten Subang, mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Damkar, PMI ,Dinkes, dan Kodim dan Polres.

"Paling utama bahwa kegiatan ini sebagai sarana meningkatkan kemampuan personil dan unsur-unsur yang terlibat dalam penanggulangan bencana, selain itu juga latihan lapangan sangat penting untuk meningkatkan kordinasi dan kerjasama komponen yang terlibat sehingga hasilnya akan maksimal" kata Danlanud disela-sela acara.

Acara tersebut juga menjadi tontonan warga setempat. Hadir juga Wakil Bupati Subang, Sekda Kab. Subang, Kepala BPBD Kab Subang H. Hidayat, Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Taufiq Arasj, Para kepala Dinas Lanud Suryadarma, Dandim 0605 Subang, Kapolres Subang,  para Kepala UPD Kab. Subang, para Kabag Setda Kab. Subang, para pimpinan BUMN dan BUMD, pimpinan perbankan yang ada di Kab. Subang dan para ketua ormas serta LSM

Pada akhir kegiatan simulasi di Alun Alun Subang Bupati Subang dan Komandan Lanud Suryadarma serta BUMN dan BUMD pun memberikan sembako kepada masyarakat sekitar dan para lansia.

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur
Jum`at, 30 November 2018
Kapolri Dan Panglima TNI Koordinasi Operasi Lilin Dan Perkembangan Kamtibmas 2018
Kamis, 29 November 2018
Panglima TNI Sebut Pengadaan Persenjataan Renstra 2015-2019 Sudah Sesuai