3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Bakamla Hadirkan 17 Negara Coast Guard Anggota HACGAM

Selasa, 23 April 2019 11:04:39 - Oleh : admin - Dibaca : 2 kali

Bakamla Hadirkan 17 Negara Coast Guard Anggota HACGAM

Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama Jakarta Center Of Law Enforcement Cooperation (JCLEC) menyelenggarakan Program Law of the Sea and Maritime Enforcement Training, dihadiri oleh 17 negara anggota Heads Of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) di JCLEC, Semarang, Jawa Tengah, Senin (22/04/19).

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini merupakan komitmen Bakamla dalam forum HACGAM. Terhitung sejak tahun 2017, Bakamla sebagai Indonesian Coast Guard berkomitmen untuk menjadi salah satu Lead Pilar Capacity Building agar dapat secara langsung memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan dan kapasitas anggota-anggota HACGAM.

"Pelatihan ini bukan hanya sekedar untuk meningkatkan pemahaman terhadap aspek hukum laut internasional dan penerapannya, namun juga merupakan kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain", pesan Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R. dalam sambutannya. 

Diikuti oleh 17 negara termasuk Indonesia, Direktur Eksekutif Program JCLEC Superintendent Greg Davis dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bakamla selaku pihak penyelenggara. Superintendent Davis berharap, selain sebagai wadah peningkatan kemampuan personel, kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antar instansi coast guard, khususnya bagi negara anggota HACGAM.

Superintendent Davis juga mengekspresikan harapannya agar pelatihan ini menciptakan ide-ide untuk pembentukan kerja sama baru, yang mungkin dapat diimplementasikan di masa mendatang, dalam keamanan dan keselamatan laut di kawasan.

Selain Bakamla, peserta pelatihan terdiri perwakilan coast guard negara anggota HACGAM, antara lain Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Filipina, Hong Kong, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Maladewa, Pakistan, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Turki, Vietnam.

Jajaran pejabat dan staf Bakamla yang turut hadir dalam kegiatan pembukaan ini antara lain Plh. Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim, Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Sc., Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Letkol Bakamla Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., Kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Bakamla Ridwansyah, Kasi Renlat Opsla Ditlat Bakamla RI Mayor Bakamla Angga Heryana, S.T. dan Staf Seksi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Letda Bakamla Vida Gessy Zerlina, S.Hum. 

Dari JCLEC turut hadir Program Manager AKBP Widya Anugrah, Kabag Pengembangan Kapasitas Kombes Pol Daru, dan Program Manager Kombes Pol Agus Broto. 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur