3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Danrem 044/Gapo Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutl

Jum`at, 3 Mei 2019 16:32:07 - Oleh : admin - Dibaca : 64 kali

Danrem 044/Gapo Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutl

Bertempat di Ruang Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Karhutla, Kantor BPBD Provinsi Sumsel Jln. Gubernur H. Asnawi Mangku Alam Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Kota Palembang, Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono selaku Dansatgas memimpin Rapat Koordinasi Siaga Darurat Karhutla Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019, Kamis (2/5/2019).

Dalam rapat tersebut diikuti oleh Kepala BPBD Provinsi Sumsel Bpk H. Iriansyah, Danlanud SMH Palembang diwakili Kasiops Kapten Pnb Alfan. W, Kapolda Sumsel diwakili AKBP Adi Herpaus, Kasiops Korem 044/Gapo Mayor Kav Delvy Marico, Kadis Kehutanan Prov. Sumsel Bpk Erwin, Kadistan Prov. Sumsel Ibu Tuti Murti, perwakilan Airnav Bandara SMB II Palembang Bpk. Antony Wijaya, para perwakilan BPBD Kab/Kota se-Sumsel, Kepala BMKG Palembang diwakili Bpk Benny dan perwakilan Perusahaan Perkebunan Sumsel.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono selaku Dansatgas Karhutla Prov. Sumsel menyampaikan, bahwa Rapat Satgas ini diselenggarakan sesuai dengan Skep Gubernur Sumsel Nomor 196/KPTS/BPBD-SS/2019 tentang Pembentukan Posko Sagas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Karhutbunla di Prov. Sumsel. "Saya mengharapkan kerja samanya dalam menanggulangi Karhutbunla ini. Pada tahun 2018 kemarin, Kami menerima penghargaan dari Mabes TNI untuk Provinsi terbaik dalam menanggulangi Karhutla dengan daerah bebas asap pada saat even Asian Games di Palembang", terang Danrem.

Kepada rekan kerja penanggulangan Karhutla semua, lanjut Kolonel Sonny, untuk mempertahankan kinerja kita, kedepan jangan sampai penghargaan yang kita peroleh sekarang diambil oleh orang lain. "Kepada rekan kerja semua yang saya nilai telah handal dalam bekerja menanggulangi Karhutla dari tahun ke tahun, marilah kita saling berkerja sama, bahu membahu antara satu dengan yang lainnya untuk bersama sama bekerja keras dalam menanggulangi Karhutla ini", harap Dansatgas.

Agar semua instansi yang terlibat langsung untuk mensosialisasikan masalah Karhutla ini dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan pada saat membuka kebun apa lagi pada areal lahan gambut, "tagas Kolonel Sonny".

Kepala BPBD Prov. Sumsel Bpk H. Iriansyah saat membuka rapat menyampaikan, agar seluruh instansi yang terkait dalam penanggulangan Karhutla, bahu membahu membantu penanganan Karhutla agar pada tahun 2019 ini dapat ditekan angka hotspot dengan kendala lahan gambut yang luas dan cuaca yang panas. "Mari kita sosialisasikan kepada masyarakat diseluruh wilayah yang di daerahnya rawan kebakaran dan kami dari pihak BPBD Prov.Sumsel siap membantu sepenuhnya", terangnya.

Sementara itu, dari BMKG yang disampaikan oleh Bpk Benny menjelaskan, bahwa situasi prakiraan cuaca dan iklim kedepan yang akan dihadapi di wilayah Sumsel akan memasuki musim kemarau dan untuk pencegahan Karhutla. "Sekarang ini kita sudah memasuki masa transisi dimana kita sudah merasakan cuaca yang sangat panas pada siang hari tidak seperti biasanya, secara umum musim kemarau di wilayah Sumsel akan dimulai bulan Maret hingga Juli, puncaknya terjadi pada bulan Agustus sampai Oktober", jelas Benny.

 

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 27 November 2019
Panglima TNI-Kapolri Akan Kunjungi Papua
Selasa, 26 November 2019
Panglima TNI Sempatkan Ziarah ke Pulau Penyengat
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak