3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Koramil 04 Tanjung Sebagai Pilot Project Penerapan Pupuk Cair/Nutrisi Wijayakusuma Di Wilayah Binaannya

Rabu, 15 Mei 2019 12:30:59 - Oleh : admin - Dibaca : 19 kali

Koramil 04 Tanjung Sebagai Pilot Project  Penerapan Pupuk Cair/Nutrisi Wijayakusuma Di Wilayah Binaannya

Tanam padi dengan Jajar Legowo dilakukan di Demonstration Plot (Demplot) Koramil 04 Tanjung Kodim 0713 Brebes, sebagai pilot project  penerapan pupuk cair/nutrisi Wijayakusuma di Wilayah Binaannya, Rabu (15/05).

Diungkapkan Kopda Rustono Ali, anak seorang petani bahwa, pada prinsipnya Sistem Tanam Jajar Legowo adalah memaksimalkan lahan yang tersedia dengan cara memaksimalkan pengaturan jarak tanam dengan sedemikian rupa, yaitu pertanaman efek pinggir yang lebih banyak dan memberikan beberapa barisan kosong di tengah dengan jarak yang lebih lebar daripada menanam dengan jarak antar barisan tanaman normal. Sistem tradisional ini sudah lama digunakan para petani di Indonesia secara turun temurun guna meningkatkan kuantitas dan kualitas gabah sehingga jauh lebih tinggi. "Lebih mudahnya, sistem jajar legowo adalah cara menanam padi dengan pola beberapa barisan tanaman yang dimaksimalkan rapatnya dengan diselingi dengan satu barisan kosong," ucapnya.

Lebih lanjut diterangkannya, perbedaan yang mencolok antara tanam pinggir dengan tanam di tengah adalah saat padi sudah merunduk dan mulai menguning, jadi jika dilihat sebelum tanaman berbuah maka perbedaan akan sulit terlihat. "Jadi tanaman di barisan pinggir jauh lebih baik daripada tanaman di barisan tengah, baik dari segi pertumbuhan maupun tingkat produktivitasnya. Ini disebabkan tanaman pinggir memiliki ruang tumbuh yang lebih leluasa serta lebih banyak mendapatkan sinar matahari," imbuhnya. 

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur