3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

43 Penerbang Muda Akan Perkuat TNI AU

Jum`at, 17 Mei 2019 11:10:17 - Oleh : admin - Dibaca : 92 kali

43 Penerbang Muda Akan Perkuat TNI AU

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., bertempat di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Kamis (16/5), melantik 43 orang Penerbang muda TNI alumni Siswa Sekolah Penerbang TNI Terpadu dalam suatu Upacara Militer yang dikenal dengan nama Wingday.   

Empat puluh tiga Penerbang muda tersebut merupakan lulusan dari Sekbang Angkatan 95. Terdiri dari 37 Perwira AU termasuk 2 Wara, dan 1 siswa Alumni Sekbang Amerika, 2 perwira AD dan 3 Perwira AL serta 1 dari Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM). Rencananya para Penerbang yang akan memperkuat TNI AU ini  terbagi menjadi  27 Penerbang jurusan Fix Wing dan 10 Penerbang Rotary Wing dan kesemuanya akan disebar ke Skadron TNI AU di seluruh Indonesia. Berhasil lulus sebagai siswa penerbang terbaik yakni Letda Pnb Silmi Mubarak S.Tr. (Han) sebagai lulusan terbaik jurusan fix wing dan oleh Letda Pnb Anterio Chevalia Y, S.Tr (Han) sebagai lulusan terbaik jurusan rotary wing.

Dalam sambutannya Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M. mengatakan bahwa Upacara Wingday merupakan momen yang ditunggu tunggu dan membahagiakan khususnya bagi para siswa Sekbang karena  upacara ini merupakan tahap akhir dari perjuangan yang telah dijalani selama mengikuti pendidian di Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara.

Menghadapi tantangan tugas yang semakin komplek dan berat, para perwira harus memperdalam ilmu dan mengasah kemampuan secara terus menerus, untuk menjadi awak pesawat dengan kualifikasi operasional, dibutuhkan persyaratan yang tidak mudah. Harus terus mengembangkan pengetahuan dan wawasan yang mendukung dalam pelaksanaan tugas.

"Seorang penerbang harus memiliki Knowledge tentang dunia penerbangan dan pengetahuan lain yang mendukung operasi penerbangan. Seorang Air Crew juga membutuhkan latihan dan pembinaan berkelanjutan untuk membentuk Skill Terbang yang mumpuni sehingga dapat melaksanakan segala misi penerbangan dengan aman dan lancar", tegasnya.

Kasau menyematkan tanda pangkat dan Wing Penerbang serta penyerahan trofi kepada kedua siswa terbaik diiringi flypass oleh pesawat tempur T-50 dan pesawat F-16 di angkasa Lanud Adisutjipto. Dalam upacara resmi ini pula, dilaksanakan penandatanganan naskah berita acara penyerahan Perwira TNI lulusan Sekolah Penerbang Angkatan 95 dari Komandan Kodiklatau kepada Asisten Personel Panglima TNI. Selanjutnya, penyerahan Perwira TNI Sekbang A-95 dari Aspers Panglima TNI kepada Asisten Personel masing-masing angkatan, Aspers Kasad, Aspers Kasal, dan Aspers Kasau.

Di penghujung upacara Wingday Penerbang A-95, Upacara Wingday akan dimeriahkan dengan atraksi dari pesawat latih Sekolah Penerbang Lanud Adisutjipto di antaranya penampilan Jupiter Aerobatic Team, Pesawat G-120 TPA-Grob  dan atraksi terjun payung dari anggota TNI Angkatan Udara.

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur