3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Kodam IX/Udayana Gelar Penataran Hukum Sebagai Fungsi Komando

Selasa, 21 Mei 2019 13:28:48 - Oleh : admin - Dibaca : 19 kali

Kodam IX/Udayana Gelar Penataran Hukum Sebagai Fungsi Komando

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., secara resmi membuka Mobile Training Team (MTT) Penataran Hukum sebagai Fungsi Komando bagi Para Dandim/Danyon setingkat, Pejabat Pers dan Intel/Pam Triwulan II TA 2019 yang dilaksanakan hingga Jumat (24/05/2019) bertempat di Aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Senin (20/5).

Dengan pimpinan Kolonel Chk I Nyoman Supartha, S.H. selaku Ketua Tim dari Direktorat Hukum Angkatan Darat (Ditkumad), kegiatan Penataran Hukum sebagai Fungsi Komando bagi Para Komandan/Pimpinan dan Pejabat Pers serta Intel/Pam yang mengacu pada program TNI AD ini dilaksanakan selama empat hari.

Dalam sambutan Dirkumad, Brigjen TNI W. Indrajit, S.H., M.H., yang dibacakan Ketua Tim Pusat, pada intinya menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan penataran hukum di jajaran Komando Utama (Kotama) Angkatan Darat, bertitik tolak dari adanya keinginan Pimpinan Angkatan Darat untuk mengoptimalkan fungsi hukum dalam mendukung pelaksanaan tugas satuan di lingkungan Angkatan Darat ke depan dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan pemahaman para komandan, baik dalam kapasitasnya sebagai Ankum maupun selaku Papera serta staf yang menjabat sebagai pejabat personil di jajaran TNI AD dengan berpedoman pada hukum yang berlaku.

"Para peserta penataran akan mendapat materi-materi hukum yang bersifat aplikatif bagi kepentingan pembinaan satuan, Kaidah-kaidah hukum disiplin, Hukum administrasi dan pidana serta kaidah hukum lain yang relevan dalam tugas," demikian tegas Dirkumad.

Selanjutnya, Pangdam IX/Udayana dalam sambutan yang dibacakan Kasdam menyampaikan supremasi hukum merupakan penegasan bahwa Negara Indonesia adalah Negara Hukum dan tidak berdasarkan pada kekuasaan.Dalam konteks negara hukum, segala tata aturan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus berdasarkan hukum, termasuk pengaturan mengenai kelembagaan negara.TNI sebagai salah satu lembaga negara yang berkomitmen untuk selalu menegakkan serta menghormati supremasi hukum. 

 

 

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur