3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Upaya Mitigasi Bencana, BPBD Subang Gelar Kegiatan Sosialiasi

Senin, 27 Mei 2019 13:31:33 - Oleh : admin - Dibaca : 52 kali

Upaya Mitigasi Bencana, BPBD Subang Gelar Kegiatan Sosialiasi

Bertempat di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Hoediyono Lanud Suryadarma, dilaksanakan kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar, Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Dalam Gedung yang berkerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Subang dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Subang, Jumat (24/5).

Danlanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala dalam sambutannya yang dibacakan Kadisops Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Antonius Adi Nur Wahyono, menyampaikan sebagaimana kita ketahui bersama secara geografis, negara kita terletak di daerah rawan bencana. Bencana merupakan peristiwa atas rangkaian peristiwa yang mengancam dan menganggu kehidupan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

"Salah satu langkah pemerintah dalam mewujudkan manajemen bencana yaitu melakukan mitigasi atau serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana", Ujar Danlanud.

 Staf BPBD Subang D. Indra dalam presentasinya menjelaskan seperti diketahui di Jawa Barat ada 5 patahan di cekungan Bandung yaitu patahan Lembang, patahan Cileunyi, patahan Cicalengka, patahan Gunung Geulis dan patahan Jati.

Diperkirakan kondisi sesar Lembang tersebut akan berpotensi menimbulkan bencana gempa. Mengantisipasi hal-hal tersebut BPBD Subang telah mengambil langkah antisipasi berupa sinergitas tata ruang yang aman, sinergitas kelembagaan, Iptek, Manajemen dan Sumber Daya Manusia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadisops Lanud Suryadarma, Karumkit dr. Hoediyono Mayor Kes dr. Ratno Wahyudono, anggota Rumkit dr. Hoediyono, perwakilan dari BPBD Subang dan Perwakilan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Subang.

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur