3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Panglima TNI : Mudik Lebaran Sebuah Tradisi Tahunan Yang Unik

Sabtu, 1 Juni 2019 16:00:34 - Oleh : admin - Dibaca : 164 kali

Panglima TNI :  Mudik Lebaran Sebuah Tradisi Tahunan Yang Unik

(Puspen TNI). Budaya mudik Lebaran merupakan sebuah tradisi tahunan yang unik, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang telah menjadi salah satu ritual nasional bangsa Indonesia sejak dahulu hingga sekarang. Ritual nasional yang tidak hanya berdimensi spiritual, namun juga berdimensi sosial dan budaya, bahkan menjadi penggerak ekonomi nasional.

Demikian amanat tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang dibacakan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) TNI LetjenTNI Muhamad Herindra, M.A., M.Sc. pada Apel Khusus pemberangkatan rombongan Cuti Bersama Idul Fitri 1440 H / 2019 M di Lapangan B-3Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019).

Panglima TNI menambahkan bahwa Hari Raya Idul Fitri tidak hanya berimplikasi pada kehidupan umat muslim semata, tetapi juga berdampak positif pada seluruh umat beragama di Indonesia. "Hal ini akan menjadi modal penguatan dalam membangun ikatan kekeluargaan di seluruh elemen masyarakat, termasuk prajurit TNI dan PNS TNI, untuk memperkuat ketahanan sosial nasional yang sangat tangguh," tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa perayaan Idul Fitri sejatinya bukan hanya hari perayaan agama semata, melainkan memiliki dimensi yang cukup luas dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. "Artinya pada hari Kemenangan tersebut, masyarakat tidak hanya sekedar melaksanakan silahturahmi, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya yang dinamis," ucapnya.

"Ikatan kekeluargaan yang kokoh, persatuan dan kesatuan itulah yang harus terpelihara dan terwariskan dengan baik, pada setiap generasi prajurit  dan  PNS  TNI, sebagai bagian penting dalam memelihara kemanunggalan dengan rakyat, menjaga Kebhinekaan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa," terangnya.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menekankan antara lain : Pertama, manfaatkan sebaik-baiknya waktu cuti bersama ini untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan lingkungan sekitar, sehingga setelah cuti bersama kita kembali ke titik nol, dengan semangat dan etos kerja yang lebih baik.

Kedua, faktor keamanan dan keselamatan, baik saat keberangkatan maupun kembali, menjadi prioritas utama untuk diperhatikan.  Ketiga, agar senantiasa mencermati, mewaspadai dan mengantisipasi setiap perkembangan dan dinamika sosial sekecil apapun di lingkungannya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.  

Keempat, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dimanapun berada. Jadikan momentum Lebaran Idul Fitri sebagai pelopor dalam merajut kembali persatuan dan kesatuan, pasca penyelenggaraan Pemilu 2019.

Pelaksanaan mudik bersama keluarga besar Mabes TNI dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M, berjumlah 1120 orang menggunakan 32 unit bus dengan tujuan Jakarta-Surabaya, Jakarta-Madiun, Jakarta-Solo, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Semarang, Jakarta-Purwokerto dan Jakarta-Purworejo.

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur