3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satgas Yonif Raider 408/Sbh Latih Kerajinan Tangan Siswa-Siswi SMK N 1 Raihat

Senin, 10 Juni 2019 13:47:08 - Oleh : admin - Dibaca : 15 kali

Satgas Yonif Raider 408/Sbh Latih Kerajinan Tangan Siswa-Siswi  SMK N 1 Raihat

Potensi sumber daya manusia di perbatasan sangat baik dan tidak boleh dipandang sebelah mata, hal tersebut dapat dilihat dari semangat dan antusias anak-anak SMK N 1 Raihat, Desa Haekesak, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, pada saat menerima pelatihan kerjinan tangan dari Personel Pos Turiskain Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 408/Sbh.

Disela-sela tugasnya melaksanakan pengamanan Perbatasan RI-RDTL, prajurit TNI yang ada di Pos Turiskain Satgas Yonif Raider 408/Sbh menyalurkan ilmu kesenian yang dimilikinya kepada anak-anak SMK N 1 Raihat. Pemberian pelatihan kerajinan tangan ini dilakukan agar anak sekolah di SMK tersebut bisa memiliki kemampuan lebih khususnya karya tangan yang nantinya dapat menjadi lahan pekerjaan bagi masyarakat di perbatasan sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian di daerah tersebut.

Dalam kesempatan ini anggota Pos Turiskain Satgas Yonif Raider 408/Sbh memberikan pelatihan kerajinan tangan berbahan kayu. Sebelum memberikan pelatihan, 4 orang anggota Pos Turiscain yang dipimpim Serda Dona terlebih dahulu menunjukkan hasil karya tangan yang mereka buat kepada  anak - anak di SMK tersebut.

Adapun hasil karya tangan yang ditunjukkan seperti Lukisan, Gantunngan Kunci, Kaligrafi, Papan nama kantoran maupun papan dinding serta kerajinan tangan yang bercorak ukiran. Semua hasil karya tangan tersebut berbahan dasar kayu. erkenalan kerajinan tangan ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan daya tarik kepada Siswa-Siswi  SMK N 1 Raihat untuk belajar membuat Kerajinan Tangan.

Setelah memperkenalkan dan menjelaskan tahap tahap pembuatan kerajinan tangan tersebut, anggota TNI  Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Turiscain Serda Dona dan 3 anggotanya mulai memberikan pelatihan kepada Siswa-Siswi SMK N 1 Raihat.

Para siswa dibuat perkelompok sehingga dalam pemberian pelatihan semua siswa - siswi SMK N 1 Raihat dapat menerima dengan baik. Dalam pemberian pelatihan terlihat anggota TNI dari Pos Turiscain dengan sabar memberikan ilmunya kepada siswa - siswi di SMK tersebut.

Dansatgas Yonif Raider 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P., menyampaikan "Tugas pokok Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh adalah menjaga keamanan di wilayah perbatasan dan menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain tugas tersebut, Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh juga melaksanakan kegiatan Teritorial kpd Masyarkat, salah satunya dengan tujuan menyalurkan kreativitas masyarakat yang dapat meningkatkan perekonomian di daerah perbatasan melalui kegiatan pelatihan kerajinan tangan kepada  Siswa-Siswi  SNK N 1 Raihat.

"Pemberian pelatihan kerajinan tangan ini tidak hanya di berikan kepada siswa-siswi SMK N 1 Raihat akan tetapi kami juga memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar sehingga masyarakat juga dapat memamfaatkan pelatihan ini menjadi sebuah kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan. Pelatihan untuk masyarakat biasa kita berikan di rumah seni Suhbrastha yang sebelumnya sudah kita resmikan," tambah Mayor Joni.

Salah satu siswa SMK N 1 Raihat yang dapat kesempatan mendapatkan pelatihan mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak bapak TNI dari Satgas 408 Pos Turiskain.

"Pembuatan kerajinan ini lumayan sulit namun kami sangat menikmatinya karena dengan adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan kami dan bisa memberikan manfaat yang besar bagi kami anak-anak di perbatasan ini. Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI dari Pos Turiskain karena sudah berkenan membagikan ilmunya kepada kami. Semoga apa yang dilatihkan kepada kami dapat bermanfaat untuk kami," tuturnya.

Sementara Kepala Sekolah SMK N 1 Raihat ibu Yusnita Manu mengucapan terimakasih kepada  anggota TNI satgas pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh yang telah memberikan pelatihan kerajinan tangan kepada siswa siswi SMK N 1 Raihat.

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan