3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Danlantamal XII Pontianak Hadiri Acara Festival Meriam Karbit Kota Pontianak

Senin, 10 Juni 2019 14:04:08 - Oleh : admin - Dibaca : 28 kali

Danlantamal XII Pontianak Hadiri Acara Festival Meriam Karbit Kota Pontianak

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gregorius Agung W. D. M.Tr (Han) menghadiri  Acara Festival Meriam Karbit dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440 H bertempat di Jl. Adi Sucipto Gg. Hj. Mailamah Kelurahan Bangka Belitung Laut KecamatanPontianak Tenggara, Selasa (4/6/2019).

Acara Festival Meriam Karbit dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri 1440 H merupakan agenda tahunan kota Pontianak saat malam takbiran diikuti sekitar 259 batang meriam karbit dari 39 Kelompok. Permainan meriam karbit tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan masyarakat Pontianak terutama yang bermukim di pinggiran Sungai Kapuas selain itu Meriam Karbit juga merupakan bagian dari historis  berdirinya Kota Pontianak dan saat ini sudah mendapat pengakuan sebagai budaya tak benda oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dalam Sambutannya Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum menyampaikan bahwa permainan Meriam Karbit menarik wisatawan dari berbagai Manca Negara  dan berharap agar jangan sampai luntur budaya ini dan perlu dilestarikan bukan hanya pada bulan puasa saja tapi pada hari-hari besar lainnya.

Sementara itu dalam sambutannya Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, M.M., M.T. menyampaikan bahwa Permainan Meriam Karbit merupakan permainan tradisi masyarakat Pontianak yang sudah turun temurun dan menandai bahwa Bulan Suci Ramadhan telah meninggalkan kita dan masuknya Idul Fitri.

Turut hadir pada acara tersebut Gubernur Kalbar beserta ibu, Pangdam XII/Tpr beserta ibu, Kapolda Kalbar beserta ibu, Danlanud Supadio beserta ibu, Walikota Pontianak beserta ibu, Wakapolda Kalbar, Ka Binda Kalbar, Ka Kansar Pontianak, Rektor Untan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat setempat.

 

 

Smiley face
 
"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Jum`at, 26 Juni 2020
Panglima Dukung BP2MI Perangi Sindikasi Pengiriman TKI Ilegal
Rabu, 10 Juni 2020
Ditemani Panglima TNI-Kapolri, Jokowi Olahraga di Istana Bogor Pagi Tadi
Jum`at, 6 Maret 2020
Panglima TNI Meninjau Kontainer Medik Udara TNI AU dan Unit Bedah Lapangan
Selasa, 18 Februari 2020
Panglima TNI–Kapolri kunjungan ke Timika akan tinjau Mako Gabwilhan
Kamis, 13 Februari 2020
Tinjau Kesiapan Pemprov Cegah Karhutla, Kapolri dan Panglima TNI Besok Kunjungi Riau