3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Prajurit Lanal Cirebon Laksanakan SAR Terhadap KM. Nok Tantri

Selasa, 11 Juni 2019 07:38:55 - Oleh : admin - Dibaca : 37 kali

Prajurit Lanal Cirebon Laksanakan SAR Terhadap KM. Nok Tantri

Personel Pos Angkatan Laut (Posal) Eretan Lanal Cirebon membantu pencarian terhadap korban kecelakaan laut yang menimpa KM. Nok Tantri yang tenggelam akibat cuaca buruk di Perairan Sumber Mas, Desa Ilir, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (6/6).

Personel Posal Eretan menerima laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kecelakaan laut disekitar Perairan Sumber Mas yang menimpa Kapal KM. Nok Tantri (Kapal Jenis Pompong Pengangkut Air Tawar) yang tenggelam pada posisi 4,5 NM dari Posal Eretan Indramayu, Jumlah ABK 6 orang (4 orang selamat dan 2 orang dinyatakan belum diketemukan).

            Berdasarkan informasi dari Saksi Nahkoda Kapal KM. Rizki Abadi, Wartani, Umur 47 Tahun, Alamat Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu yang menolong korban menyampaikan bahwa pada hari Kamis tanggal 6 Juni 2019 sekitar pukul 16.00 Wib, KM. Nok Tantri berangkat dari Muara Sumber Mas Kabupaten Indramayu dengan Nakhoda Saudara Carma  bersama 5 ABK untuk mengantarkan air tawar perbekalan kapal penangkap cumi yang sedang labuh jangkar. Sekitar pukul 16.30 Wib pada posisi ± 2,5 NM dari Posal Eretan,  KM. Nok Tantri dihantam ombak yang mengakibatkan kapal terhempas dan tenggelam. 

Menindaklanjuti informasi tersebut, Personel Posal Eretan melakukan koordinasi dengan Tim SAR setempat untuk melaksanakan pencarian terhadap korban dengan menggunakan Patkamla Gebang dan berhasil menyelamatkan 4 orang korban dalam keadaan selamat, selanjutnya korban dibawa ke Klinik Mitra Keluarga Bloran Desa Parean Ilir untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sedangkan 2 (dua) orang ABK belum diketemukan.

Pada hari Jumat tanggal 7 Juni 2019 Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Personel Posal Eretan, SAR Indramayu, Polair beserta nelayan setempat melaksanakan pencarian lanjutan terhadap 2 korban yang masih dinyatakan hilang dan berhasil menemukan kedua korban dalam keadaan meninggal dunia tidak jauh dari lokasi awal kapal tenggelam.

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur