3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Seribu Oncor Terangi Jiwa Dalam Halal Bihalal Kec. Pesantren Kediri

Kamis, 13 Juni 2019 12:03:57 - Oleh : admin - Dibaca : 2 kali

Seribu Oncor Terangi Jiwa Dalam Halal Bihalal Kec. Pesantren Kediri

Sepanjang jalan Kelurahan Tempurejo, dipenuhi oncor dikanan kiri badan jalan. Keberadaan ribuan oncor tersebut tidak lepas dari Halal Bihalal yang diselenggarakan warga Kelurahan Tempurejo bersama Kecamatan Pesantren, Koramil Pesantren, dan Polsek Pesantren.   Halal Bihalal yang diadakan malam hari itu diikuti Camat Pesantren Eko Lukmono Hadi, Danramil Pesantren Kapten Kav Puguh Bintarto, Kapolsek Pesantren Kompol Paidi Sadiarto, dan Kepala Kelurahan Tempurejo Suminarto,  Rabu (12/06).

Dalam sambutannya, Kompol Paidi Sadiarto menjelaskan seputar arus mudik dan balik yang ada di Kecamatan Pesantren. Selain itu, ia mengapresiasi seluruh warga Kecamatan Pesantren selama Idul Fitri lalu, terkait keamanan dirumah mereka masing-masing. "Selama Idul Fitri kemarin, arus mudik sampai arus balik lancar, khususnya di Pesantren. Respon warga sangat bagus saat Idul Fitri kemarin, mematikan listrik, elpiji, menutup pintu jendela, semua itu dilakukan untuk keamanan bersama," kata Kompol Paidi Sadiarto.

Budaya Halal Bihalal dengan menggunakan oncor atau lazimnya disebut "Grebek Syawal", karena diadakan bertepatan dengan bulan Syawal, sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun seiring perubahan dari waktu ke waktu, budaya tersebut makin langka. "Tradisi seperti ini, sebenarnya sudah ada sejak dulu, tapi karena perubahan jaman, makin jarang makin kurang dilakukan. Sekarang, dibudayakan lagi sama warga Tempurejo, sangat bagus, harus terus dipelihara," kata Eko Lukmono Hadi.

 

 

Panglima TNI bertekad membangun prajurit yang profesional, disiplin, militan dan rendah hati
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan