3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

HUT ke-68 Koopsau, Keunggulan di Udara Menjadi Tujuan Utama

Selasa, 18 Juni 2019 10:23:00 - Oleh : admin - Dibaca : 9 kali

HUT ke-68 Koopsau, Keunggulan di Udara Menjadi Tujuan Utama

Diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS TNI Lanud Iswahjudi, Upacara peringatan ke-68 Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Operasi Angkatan Udara (KOOPSAU), digelar dalam suasana sederhana di lapangan Dirgantara Lanud Iswahjudi. Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan pembacaan sejarah singkat Koopasau, bertindak sebagai Irup Kadislog Lanud Iswahjudi Kolonel Tek Royke Manusiwa, S.E., M.M.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. dalam sambutan tertulis HUT ke-68 Koopsau yang dibacakan oleh Irup mengatakan, bahwa selama 68 tahun, Koopsau telah turut serta secara aktif dalam mengabdikan diri demi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara. Koopsau telah mengukir berbagai prestasi penugasan, baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Keberhasilan tersebut merupakan buah dari profesionalisme yang handal, semangat pengabdian yang pantang menyerah, dan pengorbanan yang tulus dari para pendahulu TNI Angkatan Udara untuk kepentingan tanah air.

Lebih lanjut Kasau mengatakan, dimensi ancaman yang kita hadapi saat ini menjadi semakin kompleks konsep perang konvensional yang mengerahkan kekuatan militer secara terbuka bergeser menjadi peperangan asimetris, termasuk di antaranya perang proksi yang menggunakan pihak ketiga. Sementara itu, dimensi ancaman nirmiliter seperti bencana alam, membutuhkan dukungan dalam pendistribusian bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana secara cepat. "Kondisi tersebut, menuntut kesiapsiagaan Koopsau sebagai salah satu inti dari kekuatan udara", tegas Kasau.

Selain itu kata Kasau, TNI Angkatan Udara juga membentuk Skadron-Skadron Udara baru, antara lain Skadron Udara 27 di Lanud Manuhua, Biak dan Skadron Udara 33 di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar. "Penambahan Organisasi TNI Angkatan Udara tersebut sejalan dengan rencana strategis TNI untuk mewujudkan sinergitas dan interoperabilitas kekuatan yang dimiliki oleh tiga angkatan, sehingga kekuatan-kekuatan tersebut dapat digunakan dengan lebih efektif dan efisien", imbuhnya.

Menyikapi kompleksitas penugasan yang diemban oleh Koopsau, Kasau berharap seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil di jajaran Koopsau dapat bekerja secara profesional, militan, dan inovatif, serta senantiasa memperluas wawasan, pengetahuan, dan keterampilan melalui program latihan terintegrasi yang dilaksanakan secara berjenjang, bertingkat, berlanjut, dan terukur. "Saya percaya dengan semangat Abhibhuti Antarikshe yang berarti keunggulan di udara menjadi tujuan utama, merupakan bentuk tekad dan komitmen yang kuat dari seluruh personel jajaran Koopsau, guna menghadapi tantangan tugas sampai paripurna. Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Komando Operasi TNI Angkatan Udara, yaitu: "Berlandaskan jiwa Profesional, Militan, dan Inovatif, Koopsau siap mengemban tugas TNI Angkatan Udara dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI", ungkapnya.

 

 

"Tunaikan Sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"    
Panglima Besar Jenderal Sudirman
Pengumuman
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Kamis, 26 September 2019
Panglima TNI dan Kapolri Cek Lokasi Kericuhan di Perempatan Slipi
Rabu, 11 September 2019
Angkut Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar, TNI Siapkan 2 Pesawat Hercules
Kamis, 15 Agustus 2019
TNI soal Nduga: Kami Hormati HAM dan Tak Sandera Anak-anak
Selasa, 13 Agustus 2019
Kekuatan Militer Indonesia Diperhitungkan Dunia, Kapuspen TNI: Kita Tak Akan Lengah
Selasa, 13 Agustus 2019
Kodam XVII/Cenderawasih Terus Mencari Helikopter MI-17