3f804abd95730c82e6217735dd3ebf6a.jpg  

Satker Jajaran Kodam IM Terima Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan

Rabu, 19 Juni 2019 16:37:47 - Oleh : admin - Dibaca : 14 kali

Satker Jajaran Kodam IM Terima Bimbingan Teknis  Penyusunan Laporan Keuangan

Satuan Kerja Jajaran Kodam Iskandar Muda  menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan II Tahun Anggaran 2019 oleh Tim Penyusunan Laporan Keuangan Direktorat Keuangan Angkatan Darat (Ditkuad) bertempat di Aula Kudam Iskandar Muda Jl. Nyak Adam Kamil II No. 7-8, Neusu Jaya, Kota Banda Aceh, Rabu (19/06/2019).

Kegiatan Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan II Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan oleh Tim Penyusunan Laporan Keuangan Direktorat Keuangan Angkatan Darat (Ditkuad), diketuai oleh Kolonel Cku Martin Luther, S.E, M.M, yang beranggotakan Letkol Cku Darus, S.E, Kapten Cku Muh Maskuri, PNS Amas Sambas dan Pns Wahyu Wilaya.

Dalam Sambutan Direktur Keuangan Angkatan Darat Brigjen TNI Temas, S.Sos., M.M.  yang dibacakan oleh Kolonel Cku Martin Luther, S.E, M.M menyampaikan bahwa Kementrian Pertahan dan TNI sebagai bagian dari pemerintah yang dituntut melakukan reformasi internal sesuai dengan undang - undang dan aturan yang berlaku. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah yaitu menciptakan "Good and Clean Governance".  untuk itu Pimpinan TNI AD sudah mengambil beberapa kebijakan guna mewujudkan TNI AD yang bersih. Salah satu kebijakan yang diambil adalah dengan memberlakukan Dipa Satker Pusat dan Dipa Satker Daerah. Ketua Tim juga menyampaikan bahwa Tahun Anggaran 2018, Laporan Keuangan TNI AD mendapat opini dari BPK RI Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan itu semua diperoleh dengan hasil kerja keras dan keseriusan dalam menyusun Laporan Keuangan.

Lebih lanjut dalam sambutanya menuturkan, bahwa Laporan Keuangan yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, LO, LPE dan Catatan Atas Laporan Keuangan merupakan perpaduan antara Unit Akutansi Pengguna Anggaran dan Unit Akutansi Pengguna Barang, sehingga dalam penyusunannya dibutuhkan kerjasama yang erat antara  unsur keuangan, unsur anggaran dan unsur logistik satuan.

Untuk membuat sebuah laporan keuangan dibutuhkan pertanggung jawaban atas kebenarannya sesuai aturan dan perundang - undangan yang berlaku (akuntabel), oleh karena itu diperlukan SDM pejabat Akuntansi dan Operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) yang mempuni dalam menyusun Laporan Keuangan Kotama (UAPPA-W) dan Satker (UAKPA) sehingga terwujudnya Laporan Keuangan yang mendapat opini dari pemerintah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Ikuti kegiatan Bimtek ini secara serius dan tanyakan hal-hal yang tidak jelas kepada Tim Bimtek, sehingga akan tercipta Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi dan produktivitas tinggi dalam menyusun Laporan Keuangan yang Transparan dan akuntabel," pesan Kolonel Cku Martin Luther, S.E, M.M.

Selain Kakudam IM Kolonel Cku Drs. C. Ginansyah Ahmad , acara pembukaan kegiatan Bimtek Triwulan II Tahun Anggaran 2019 turut di hadiri oleh Wakakudam IM Letkol Cku Puji Purnomo, Para Paku Satker Jajaran Kodam IM, Perwira Kudam IM, Personel Kudam IM, operator SIMAK BMN serta operator  SAIBA Jajaran Kodam IM.

 

 

 

Saya adalah bapak dari tiga angkatan yaitu AD, AL dan AU, untuk itu saya harus bersikap adil terhadap tiga angkatan. Dalam kedinasan sehari-hari saya menggunakan baju loreng TNI sebagai perwujudan integrasi tiga angkatan.
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.IP
Pengumuman
Kamis, 18 Juli 2019
LOGO HUT TNI KE-74
Jum`at, 28 Juni 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4.
Senin, 24 Juni 2019
Conference ICRC Tahun 2019 di Jakarta
Jum`at, 21 Juni 2019
SIARAN TNI DI RRI PROGRAM 4.
Siaran Pers
Amanat
Berita Media
Rabu, 15 Mei 2019
Safari Ramadan di Medan, Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Rabu, 15 Mei 2019
Panglima TNI dan Kapolri Melakukan Kunjungan Kerja Safari Ramadhan di Wilayah Kodam III/Siliwangi
Jum`at, 12 April 2019
Final Piala Presiden 2019, Panglima TNI Imbau Kedua 10 Apr 2019 Suporter Tertib
Rabu, 30 Januari 2019
Lama Tertunda, TNI Akhirnya Bentuk Satuan Baru, Kogabwilhan
Jum`at, 11 Januari 2019
TNI Pesan Lagi 8 Helikopter H225M, Airbus: Telah Teruji di Medan Tempur